Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar
Abstract View: 175, PDF Download: 133DOI:
https://doi.org/10.32665/james.v6i2.1792Keywords:
Difficult Analysis, Cooney’s Theory, Learning Style, Analisis Kesulitan, Teori Cooney, Gaya BelajarAbstract
Berdasarkan hasil observasi di SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan saat menyelesaikan masalah matematika terutama pada materi sistem persamaan linier tiga variabel. Adanya perbedaan gaya belajar di antara siswa menjadi salah satu faktor internal yang mempengaruhi kesulitan siswa saat memecahkan soal matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesulitan dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar siswa SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya berdasarkan Teori Cooney. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan nilai terendah pada setiap gaya belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, tes, dan wawancara, sedangkan keabsahan diuji melalui triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual mengalami kesulitan menerapkan prinsip yaitu kurang sistematis dalam menyusun langkah penyelesaian dan kesulitan menyelesaikan masalah verbal yaitu kurang tepat dalam memisalkan variabel dalam soal. Siswa dengan gaya belajar auditori mengalami kesulitan menyelesaikan masalah verbal yakni kurang tepat memisalkan variabel dan tidak dapat menarik kesimpulan. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mengalami kesulitan menerapkan prinsip yaitu kurang tepat saat menerapkan sifat-sifat operasi hitung dan tidak mampu menyelesaikan perhitungan, serta mengalami kesulitan menyelesaikan masalah verbal yakni kurang tepat dalam memisalkan variabel
References
E. K. Hasibuan, “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung,” AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, vol. 7, no. 1, pp. 18–30, 2018, doi: 10.30821/axiom.v7i1.1766.
T. Erviana, “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Aljabar Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent,” Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, vol. 1, no. 1, pp. 61–73, 2019, doi: 10.35316/alifmatika.2019.v1i1.61-73.
E. I. Permata, S. Sunandar, and D. Endahwuri, “Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa,” Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 6, pp. 473–484, 2020, doi: 10.26877/imajiner.v2i6.6719.
A. A. W. Tias and D. U. Wutsqa, “Analisis Kesulitan Siswa Sma Dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas Xii Ipa Di Kota Yogyakarta An Analysis Of Senior High School Students’ Difficulties In Mathematics Problem Solving Based At Grade Xii Of Science Program In Yogyakarta City,” vol. 2, no. 1, pp. 28–39, 2015.
N. N. Aini and M. Mukhlis, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient,” Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, vol. 2, no. 1, pp. 105–128, Jun. 2020, doi: 10.35316/alifmatika.2020.v2i1.105-128.
W. Saniyah and F. Alyani, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Peluang,” ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 4, no. 2, 2021, doi: 10.24176/anargya.v4i2.6457.
L. Sholekah, D. Ma’atus, Anggreini, and A. Waluyo, “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi,” 2017.
F. M. Azizi, A. Imswatama, and H. S. Lukman, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar,” PEKA (Pendidikan Matematika), vol. 5, no. 2, 2022, doi: 10.37150/jp.v5i2.1275.
R. Richardo, D. Retno, and S. Saputro, “Tingkat Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa,” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, vol. 2, no. 2, pp. 141–151, 2014.
A. Z. Widyaningrum, “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Mengerjakansoal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Metro,” vol. 1, no. 2, 2016.
A. Kurniati, Fransiska, and A. W. Sari, “Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V,” Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, vol. 5, no. 1, pp. 87–103, 2019.
Y. Wahyuni, “Identifikasi gaya belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik),” Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, vol. 10, no. 2, pp. 128–132, 2017.
R. F. Zahro, Sugiyanti, and Supandi, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa,” Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 4, no. 3, pp. 194–200, 2022.
I. Nuriza, E. Yusmin, B. Program, S. Pendidikan, M. Fkip, and U. Pontianak, “Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Materi Program Linear Berdasarkan Gaya Belajar Siswa SMA,” 2020.
K. Kow and J. Yeo, “Secondary 2 Students’ Difficulties in Solving Non-Routine Problems”.
U. Adha et al., “Analisis Kesulitan Siswa Mts Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa.”
“Angket Gaya Belajar Siswa | PDF.” Accessed: Oct. 12, 2023. [Online]. Available: https://www.scribd.com/document/391171375/Angket-Gaya-Belajar-Siswa?irclickid=zDazaLUWJxyNRchwN7Tl50PIUkFWaQXtq3fpxU0&irpid=123201&utm_source=impact&utm_medium=cpc&utm_campaign=affiliate_pdm_acquisition_TakeAds%20Networks&sharedid=229595&irgwc=1
Trizulfianto, A. Dewi, and W. Adi, “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Program Linier Berdasarkan Gaya Belajar Siswa,” 2017.
S. Wassahua, “Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Siswa Kelas Vii Smp Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru,” Jurnal Matematika dan Pembelajarannya, vol. 2, no. 1, 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Journal of Mathematics Education and Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work