Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Tahapan Kastolan Ditinjau dari Perbedaan Gender
Abstract View: 343, PDF Download: 233DOI:
https://doi.org/10.32665/james.v5i2.499Keywords:
Error Analysis, Kastolan Stage, Linear Program, Analisis Kesalahan, Tahapan Kastolan, Program LinearAbstract
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjabarkan jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi Program Linear berdasarkan tahapan Kastolan ditinjau dari perbedaan gender. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Taman yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan berdasarkan nilai terendah. Proses pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan wawancara semi terstruktur yang masing-masing dilakukan dalam 2 tahap. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu kemampuan menyelesaikan soal matematika subjek laki-laki lebih unggul dibandingkan subjek perempuan. Akan tetapi, keunggulan tersebut tidak terlalu signifikan dikarenakan subjek laki-laki dan perempuan melakukan jenis kesalahan yang sejenis yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural dan kesalahan teknik. Kesalahan konseptual subjek laki-laki adalah salah dalam menentukan titik pojok dikarenakan kurangnya pemahaman dalam menentukan titik pojok, sedangkan subjek perempuan melakukan kesalahan dalam merumuskan model matematika dikarenakan kurangnya pemahaman terhadap materi prasyarat. Kesalahan prosedural subjek laki-laki dan perempuan adalah melewatkan beberapa langkah penyelesaian dikarenakan kurangnya latihan mengerjakan soal cerita materi Program Linear. Kesalahan teknik subjek laki-laki dan perempuan adalah kesalahan dalam melakukan operasi perhitungan dikarenakan untuk meminimalisir waktu pengerjaan soal serta akibat dari adanya kesalahan pada model matematika.
References
A. Andriyani and N. Ratu, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa,” Pendek. J. Pendidik. Berkarakter, vol. 1, no. 1, p. 16, 2018, doi: 10.31764/ pendekar.v1i1.252.
Miseriyati and R. F. Syahril, “Analysis of Students’ Mistakes in Solving Circle Problem in Class Xi Mipa 2 Sman 1 Bangkinang Kota,” J. Prinsip Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, pp. 51–60, 2020, doi: 10.33578/prinsip.v2i2.53.
L. Lutfia and L. S. Zanthy, “Analisis Kesalahan Menurut Tahapan Kastolan Dan Pemberian Scaffolding Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel,” J. Educ., vol. 01, pp. 396–404, 2019, doi: 10.24252/ auladuna.v5i1a9.2018.
E. Siswandi and I. Sujadi, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual pada Materi Segiempat Berdasarkan analisis Newman Ditinjau dari Perbedaan Gender (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMPN 20 Surakarta,” J. Elektron. Pembelajaran Mat., vol. 4, no. 7, pp. 633–643, 2016, [Online]. Available: https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/9169.
N. Indrawati and N. Tasni, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Tingkat Kompleksitas Masalah dan Perbedaan Gender,” Saintifik, vol. 2, no. 1, pp. 16–25, 2017, doi: 10.31605/saintifik.v2i1.92.
D. A. Savitri and A. Yuliani, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Trigonometri Ditinjau Dari Gender Berdasarkan Newman,” JPMI (Jurnal Pembelajaran Mat. Inov., vol. 3, no. 5, pp. 463–474, 2020, doi: 10.22460/jpmi.v3i5.463-474.
S. Irawati, “Analisis Kesalahan Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Memecahkan Masalah Program Linear,” Sigma, pp. 29–34, 2015, [Online]. Available: http://ejournal.unira. ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/viewFile/110/94.
N. Fathonah, R. Juwita, and P. Jana, “Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesikan Soal Program Linear dengan Menerapkan Teori Polya Ditinjau dari Perbedaan Gender,” J. Mercumatika, vol. 2, no. 117, pp. 1–15, 2018, [Online]. Available: http://repository.upy.ac.id/1817/.
R. T. Suwandi, “Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Ditinjau dari Perbedaan Gender,” 2019, [Online]. Available: http://eprints. ums.ac.id/75710/1/Naskah Publikasi Fix.pdf.
R. R. Saputri, T. Sugiarti, R. P. Martikusuma, D. Trapsilasiwi, and E. Yudianto, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau dari Perbedaan Gender Siswa SMP Kelas VIII,” Kadikma J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 9, pp. 59–68, 2018, [Online]. Available: https://doi.org/10. 19184/kdma.v9i2.9710.
K. Amin, K. Kamid, and B. Hariyadi, “Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Newman Error Analysis Ditinjau dari Gender,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 2053–2064, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i2.692.
P. W. C. Davita and H. Pujiastuti, “Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender,” Kreano, J. Mat. Kreat., vol. 11, no. 1, pp. 110–117, 2020, doi: 10.15294/kreano.v11i1.23601.
S. N. Nikmah, “Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita program linear ditinjau dari perbedaan jenis kelamin,” Primatika J. Pendidik. Mat., vol. 9, pp. 91–100, 2020, [Online]. Available: https://doi.org/10.30872/primatika.v9i2.259.
Y. Agnesti and R. Amelia, “Analisis Kesalahan Siswa Kesalahan VIII SMP Di Kabupaten Bandung Barat Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan Ditinjau Dari Gender,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 1, pp. 151–162, 2020, doi: 10.31004/ cendekia.v4i1.186.
R. Ayuningsih, R. D. Setyowati, and R. E. Utami, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Berdasarkan Teori Kesalahan Kastolan,” Imajiner J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 2, no. 6, pp. 510–518, 2020, doi: 10.26877/imajiner. v2i6.6790.
F. N. Sardin and M. M. H. Manurung, “Analisis Kesalahan Jawaban Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal-soal Program Linear di Kelas X Akuntansi SMK YPK Kotaraja Jayapura,” Ilm. Mat. dan Pembelajarannya, vol. 3, no. 1, pp. 10–16, 2016, [Online]. Available: https://smantibatam.sch.id/journal/index.php/JIMP/article/download/226/226-439-1-SM.pdf.
M. S. Buranda and M. Bernard, “Matematik Materi Lingkaran Siswa Smp Berdasarkan Gender,” vol. 1, no. 1, pp. 33–40, 2018.
F. Zaidy and M. Lutfianto, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau dari Kemampuan Matematika,” Semin. Nas. Pendidik. Mat. Ahmad Dahlan, vol., no., pp. 297–303, 2016, [Online]. Available: http://www.seminar. uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/392.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Mathematics Education and Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work