Manajemen Kegiatan Ektrakurikuler Qiro’ah al Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Mojokerto
Abstract View: 46, PDF () Download: 43DOI:
https://doi.org/10.32665/ulya.v2i1.676Keywords:
miftahul ulum, qiro'at, ekstrakurikulerAbstract
Madrasah Ibtidaiyah Miftahul merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berkembang pesat di bawah naungan LP Ma`arif NU. Dewasa ini sebagian orang beranggapan bahwa sekolah yang berbasis agama (Madrsah), siswa – siswinya bisa bahkan pandai dalam keagama khususnya bidang baca al Qur’an. Untuk mewujudkan hal tersebut maka dibentuklah ekstrakulikuler qiro’ah Qur’an di MI Miftahul Ulum. kegiatan ekstrakurikuler Pebinaan qiro’ah Al Qur`an di MI Miftahul Ulum mengunakan pendekatan langsung, serta melalui beberapa face;Fase Klasikal ( Pembina membaca, siswa menyimak), Pembina membaca, siswa menirukan,Siswa membaca, Pembina menyimak. Manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam pembinaan qiro’ah Al Qur`an di MI Miftahul Ulum sudah berjalan dengan lancar mulai dari proses perencanaan sampai pada pengawasan control yang dilakukan hal ini dapat dilihat dari penjadwalan, proses pembinaan sampai pada penilaian, serta even/lomba-lomba guna menampilkan kemampuan siswa. walaupun dalam melaksanakan fungsi-fungsi tersebut belum secara maksimal. Faktor-Faktor pendukung dan penghambat manajemen kegiatan ekstrakurikuler dalam pembinaan qiro’ah Al Qur`anantara lain; Kuranganya perhatian dan pengawasan orang tua, Teman sejawat, Keterbatasan teknologi sehingga Pembina kurang berkembang (variatif), Factor motivasi dalam diri siswa yang malu akan keterbelakangan dengan siswa lain yang telah bisa baca Al-Qur’an