Progresivisme dan Rekonstruksionisme dalam Perspektif Pendidikan Islam
Abstract View: 72, PDF Download: 14DOI:
https://doi.org/10.32665/alulya.v9i1.2793Keywords:
Pendidikan Islam, Progresivisme, RekonstruksionismeAbstract
Progresivisme dan rekonstruksionisme adalah aliran filsafat modern yang memberi sumbangsih dalam pembaharuan pemikiran filsafat pendidikan. Termasuk di antaranya pendidikan Islam yang dalam perkembangannya tidak luput dari filsafat yang merupakan alat berpikir. Perbedaan pandangan yang kadang kala terjadi antara filsafat dan pendidikan Islam mendorong penulis untuk menganalisis aliran progresivisme dan rekonstruksionisme melalui perspektif pendidikan Islam. Penelitian dilakukan dengan studi literatur dan pendekatan kualitatif. Sumber data berupa artikel dan e-book yang diakses melalui platform google scholar dan google book. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aliran progresivisme dan pendidikan Islam berpandangan sama mengenai potensi akal peserta didik, prinsip pendidikan fleksibel, serta pengalaman hidup sebagai landasan perubahan dalam pendidikan. Bedanya, aliran progresivisme menolak nilai-nilai absolut dan ranah metafisik-spiritual. Sedangkan, aliran rekonstruksionisme berpandangan sama dengan pendidikan Islam terkait peyesuaian diri tanpa mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan, peradaban, dan nilai-nilai sosial. Perbedaan terletak pada latar belakang munculnya dan landasan dalam pemecahan masalah. Bisa disimpulkan bahwa pembeda utama antara pandangan dua aliran filsafat tersebut dengan pendidikan Islam adalah kepercayaan terhadap konsep metafisik-spiritual seperti tuhan dan landasan seperti Al-Qur’an dan Hadis. Sedangkan dalam aspek lain, pendidikan Islam tidak menentang pandangan dua aliran tersebut selama tidak keluar dari koridor agama Islam.
Downloads
References
Adisel, & Suryati. (2022). Pendidikan Merdeka Belajar dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5(2), 467–477.
Adrianto, S. (2022). Philosophy? Go For It. Elex Media Komputindo.
Al Baha’i, M. F. (2017). Filsafat Pendidikan: Sebuah Pengantar Memahami Manusia dan
Pendidikan dalam Tinjauan Filosofis. Penerbit NEM.
Albadi. (2022). Kritik atas Konsep Pemikiran Pendidikan Humanis Paulo Freire:Tinjauan
Perspektif Pendidikan Islam. Guepedia.
Amirudin, N. (2018). Filsafat Pendidikan Islam. Caremedua Communication.
Anwar, S. S. (2021). Aliran & Pemikiran Filsafat Pendidikan. Yayasan Doa Para Wali. Assegaf, A. R. (2011). Filsafat Pendidikan Islam. Rajawali Pers.
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155–164. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973
Faiz, A., & Purwati. (2021). Peran Filsafat Progresivisme dalam Mengembangkan Kemampuan Calon Pendidik di Abad-21. Jurnal Education and Development, 9(1), 131–135. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2308
Fauzi, A. A., Purnomo, D., Azizah, H. N., Efendi, S., Sofyan, Agustina, Y., Pitrianti, S., Purnamasari, D., Fajriani, G. N., Rachman, R. S., Lestari, M. Z., & Kamilah, A. (2023). Landasan Pendidikan. PT Sada Kurnia Pustaka.
Handayani, L. T. (2023). Buku Ajar Implementasi Teknik Analisis Data Kuantitatif (Penelitian Kesehatan). PT. Scifintech Andrew Wijaya.
Hardima, F. B. (2007). Filsafat Modern. PT Gramedia Pustaka Utama.
Huliatunisa, Y. (2022). Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. CV Jejak.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Anak Hebat Indonesia.
Junaedi, D., Bakar, M. Y. A., & Fuad, A. Z. (2023). Implikasi pemikiran rekonstruksionisme Ismail Raji Al-Faruqi dalam pendidikan Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 45. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i1.9105
Kementerian Agama RI. (2013). Al-Qur’an dan Terjemahan. Purtaka al-Mubin.
Kurniawan, A., Kolong, J., Muhammadiah, M., Nahuda, Rais, R., Hariyadi, Rahman, A. A.,Syahputra, R., Sitompul, H. S., Isnaini, H., & Putra, P. (2023). Filsafat Pendidikan. PT Global Eksekutif Teknologi.
M, I. (2017). Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan Klasik dan Modern dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Islam Transformatif: Journal of Islamic Studies, 01(02), 114–117. https://core.ac.uk/download/pdf/267903715.pdf
Ma’ruf, A., & Assegaf, A. R. (2021). Rekonstruksionalisme Pendidikan Formal sebagai Agen Utama dalam Tatanan Sosial. Maharot : Journal of Islamic Education, 5(2), 137. https://doi.org/10.28944/maharot.v5i2.441
Matusov, E. (2023). Democracy, Dialogism, Therapy, Progressivism, Anarchism, and Other Values in Martin Duberman’s Innovative Pedagogy. Dialogic Pedagogy, 11(2), 67. https://doi.org/10.5195/dpj.2023.385
Mualifah, I. (2013). Progresivisme John Dewey dan Pendidikan Partisipatif Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 01(01), 120. https://jurnalpai.uinsby.ac.id/index.php/jurnalpai/article/view/6
Mubin, A. (2018). Pengaruh Filsafat Rekonstruksionisme Terhadap Rumusan Konsep Pendidikan Serta Tinjauan Islam Terhadapnya. Rausyan Fikr, 14(1), 69–70.
Muhibbin, A., & Fathoni, A. (2021). Filsafat Pendidikan. Muhammadiyah University Press. Murtaufiq, S. (2014). Telaah Kritis Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan. Akademika, 8,(2), 191–
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248
Nggili, R. A. (2022). Filsafat: Ruang Refleksi Memahami Realitas. Institute Transformasi Indonesia.
Nur, M. H., Soe’oed, R., & Khojir. (2022). Pendidikan Perspektif Islam Rekonstruksionisme. Istighna, 5(2), 208. https://www.e-journal.stit-islamic- village.ac.id/istighna/article/view/448
Pratiwi, S. N. (2022). Filsafat Pendidikan: Suatu Pengantar dalam Memahami Pendidikan Bagi Calon Guru. UMSU Press.
Purnama, L. W. A. (2021). Wacana Rekonstruksi Realita. Guepedia.
Purnamasari, I. (2015). Rekonstruksionisme Futuristik Dalam Pendidikan Di Indonesia. Jurnal
Ilmiah CIVIS, V(2), 873. http://103.98.176.9/index.php/civis/article/view/902/820
Qomariyah, N. (2017). Pendidikan Islam Dan Aliran Filsafat Pendidikan Rekonstruksionisme. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(32), 197–217. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.23
Rahmat, P. S. (2021). Landasan Pendidikan. Scopindo Media Pustaka.
Rajab, L. (2014). Filsafat Pendidikan Islam (Suatu Analisis Filosofis Pemikiran Pendidikan
Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Vol. 9, No. 1, April, 2024, Hlm: 1-15 PISSN : 2540-8127 | EISSN : 2597-6656
Islam). Biosel: Biology Science and Education, 3(2), 99. https://doi.org/10.33477/bs.v3i2.514
Saifullah. (2014). Renaissance dan Humanisme Sebagai Jembatan Lahirnya Filsafat Modern. Jurnal Ushuluddin, 22, 133–144.
Sari, H. P. (2020). Rekonstruksionisme Pendidikan Islam Menurut Muhammad Iqbal. Al- Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 19(1), 129–143. https://doi.org/10.24014/af.v19i1.10076
Sinambela, P. N. J. M., & dkk. (2022). Teori Belajar dan Aliran-Aliran Pendidikan. PT Sada Kurnia Pustaka.
Siregar, H., & Fahmi, F. (2023). Metodologi Penelitian (Sebuah Pengantar Bidang Pendidikan). Jejak Pustaka.
Soedardi, R. A. (2019). Teori Progresivisme John Dewey dan Pendidikan Partisipatif dalam Pendidikan Islam. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 4(2), 104. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v4i2.1927
Susanti, L., Handriyantini, E., & Hamzah, A. (2023). Guru Kreatif Inovatif Era Merdeka Belajar. ANDI.
Syamsuddin, F. (2022). Pembelajaran Berbasis Neurosains Blueprint Pelaksanaan Model “Model Pembelajaran Hipnohappy.” Deepublish.
Wahyumiani, N. (2023). Pengantar Kependidikan. Bintang Semesta Media.
Yunus, H. A. (2016). Telaah Aliran Pendidikan Progresivisme dan Esensialisme dalam
Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(1), 29.
Zulkifli, Hanafie, I., Firman, Riadi, A., Fauzi, M. L., Ifendi, M., & Basri. (2022). Konsep Dasar
Pengajaran & Pembelajaran Pendidikan Islam. Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Afi Rizqiyah, Muhammad Fahmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.