Kegiatan Ektrakurikuler LCD (Language Course Departement) Membangun Disiplin Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren Majelis Tafsir Al Quran ( MTA ) Karanganyar
Abstract View: 28, PDF Download: 8DOI:
https://doi.org/10.32665/alulya.v9i1.2725Keywords:
Ekstrakurikuler LCD, Disiplin Bahasa Arab, SantriAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler LCD dalam membangun disiplin berbahasa Arab santri di Pondok Pesantren MTA Karanganyar, kendala-kendala dalam membangun disiplin berbahasa Arab santri melalui kegiatan ekstrakurikuler LCD, dan mengetahui prestasi yang dicapai santri dalam mengunakan Bahasa Arab melalui kegiatan ekstrakurikuler LCD. Lokasi penelitian ini adalah Pondok Pesantren MTA Karanganyar. Metode deskriptif kualitatif yang peneliti digunakan dalam penelitian ini, dalam pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian kegiatan ekstrakurikuler LCD termasuk kegiatan ekstrakurikuler yang di ikuti oleh santri yang berminat saja, pelaksanaan nya di lakukan seminggu duakali pada hari Rabu sore dan Sabtu siang, pelaksanaan ekstrakurikuler ini dapat di katakan dapat membangun disiplin bahasa santri dalam kesehariannya, setidaknya dengan kegiatan LCD santri sudah berlatih berbicara dengan Bahasa Arab yang baik sesuai dengan kaidah sehingga hal tersebut bisa membiasakan santri untuk disiplin menggunakan Bahasa Arab dalam kesehariannya.
Downloads
References
Abdullah Muin. (2023). Penerapan Kurikulum KMI untuk Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren MTA Karanganyar. Jurnal Pendidikan Islam Al Ulya, 8, 55–67.
Abidin Zaenal. (2017). Perkembang dan masa depan Bahasa Arab. Diwan, Vol 3 No 2 https://doi.org/10.24252/diwan.v3i2.4459
Asbulah, L. H. (2019). Arabic collocation learning strategies among students of malaysian public universities. GEMA Online Journal of Language Studies, 19(2), 139–159. https://doi.org/10.17576/gema-2019-1902-09
Atjo Lapo. (2003). Disiplin tanpa Hukum (Atjo Lapo, Ed.). Remaja Karya.
Briggs, J. G., Dearden, J., & Macaro, E. (2018). English medium instruction: Comparing teacher beliefs in secondary and tertiary education. Studies in Second Language Learning and Teaching, 8(3), 673–696. https://doi.org/10.14746/ssllt.2018.8.3.7
Faradiba, A. T., & Royanto, L. R. M. (2018). Karakter disiplin, penghargaan, dan tanggung jawab dalam kegiatan ekstrakurikuler. Jurnal Sains Psikologi, 7(1), 93. https://doi.org/10.17977/um023v7i12018p93-98
Hakim, A., & Herlina, N. (2018). Manajemen Kurikulum Terpadu di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 111. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.157
Hidayah Zulyani. (2015). Ensiklopedi Suku Bangsa di Indonesia (Vol. 1). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Ika Fitriana. (2010). Pembelajaran Muhadatsah DI Pondok Pesantren AL-KAMAL Kuwarasan Kebumen. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4205/
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. Ar- Riayah, 2(1), 81. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261
Kharisman Utsman. (2022). Panduan Mudah Memahami Bahasa Arab (Vol. 1). Pustaka Hudayah.
Lapo Atjo. (2003). Disiplin tanpa hukum. Remaja karya.
Lesmana, F. R., Salsabilah, H., & Alviana Febrianti, B. (2021). Peran Pondok Pesantren dalam
Pembentukan Karakter Santri dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Syntax
Transformation, 2(7), 962–970. https://doi.org/10.46799/jst.v2i7.319
Mukaromah. (2016). Pengembangan Maharah Al kalam Melalui BIah Lughowiyah. Skripsi. Nata Abuddin. (2016). Ilmu Pendidikan Islam (Vol. 1). Prenada Media.
Nurlaila. (2018). Ilmu Pendidikan Islam (Vol. 1). Noer Fikri.
Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Karakter Disiplin Siswa
Sekolah Dasar. Edukatif, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90 Rahmayani, S., & Ramadan, Z. H. (2021). Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk
Karakter Peduli Sosial Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 475–480.
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40779
Rozak, Abd., & Albantani, A. M. (2018). Desain Perkuliahan Bahasa Arab Melalui Google
Classroom. Arabiyat, 5(1). https://doi.org/10.15408/a.v5i1.7481
Samah, R. (2020). Excellent teacher practices in teaching and learning Arabic language and
literature based on ibn khaldun strategies. Asia Pacific Journal of Educators and Education, 35(1), 37–54. https://doi.org/10.21315/apjee2020.35.1.3
Setiawan Usep. (2022). Media Pembelajaran (Vol. 1). CV., Widina Media Utama. Setyawan, C. E., & Anwar, K. (2020). Peran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam Sebagai
Urgenitas Menghadapi Revolusi Indusri 4.0. Lahjah Arabiyah, 1(1), 11–19.
https://doi.org/10.35316/lahjah.v1i1.571
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Vol. 3). Alfabeta CV.
Timotius Kris. (2018). Otak dan Perilaku (Vol. 1).
Wenda Rau, D., Nicodemus Joufree Rotty, V., Usoh, E. J., Josefien Lalamentik, O., & Marie
Stella Tuerah, R. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Membentuk Karakter
Peserta Didik yang Berorientasi pada Profil Pelajar Pancasila (Vol. 11).
Widiastuti, I., Muhsam, J., & Cakranegara, P. A. (2021). Analisis Pentingnya Pembangunan Pendidikan Karakter Siswa Dalam Mengembangkan Kualitas Sumber Daya Manusia di
SMP Muhammadiyah Surakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 255.
https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.255-262.2021
Zulkarnain, L. (2022). Pelaksanaan Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam
di Pesantren Daar El Manshur. Edukasi Islami, 11(3), 799. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2474
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mu'in Abdullah, Muhammad Prio Kuncoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.