OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE J-QAF DENGAN METODE NEUROSAINS DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN
Abstract View: 24, PDF Download: 33DOI:
https://doi.org/10.32665/alulya.v7i1.1565Keywords:
Neuroscience method, J-Qaf Method, learning the KoranAbstract
Metode J-Qaf membutuhkan inovasi baru sebagai optimalisasi pembelajaran Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keterkaitan metode J-Qaf dengan metode neurosains dalam mengoptimalisasi metode pembelajaran Al-Qur'an. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis literature review, dimana peneliti menghimpun sumber data kepustakaan yang dibutuhkan, baik primer mauoun sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode neurosains dapat mengoptimalkan metode J-Qaf dalam pembelajaran Al-Qur'an dengan menggunakan tiga pendekatan yaitu pendekatan neurogenesis, neuroplastis, dan pemberian motivasi. Dengan adanya pembaharuan dalam metode J-Qaf dengan metode neurosains ini diharapkan dapat memcahkan permasalahan yang sedang dihadapi dalam pembelajaran al-Qur'an.
Downloads
References
Arbain, Paharudin bin, Misnan bin Jemali, Ibrahim bin Hashim, and Azmil bin Hashim. PERSEPSI MURID TERHADAP PELAKSANAAN KAEDAH PENGAJARAN GURU DAN HUBUNGANNYA DENGAN PENCAPAIAN MURID DALAM TILAWAH AL-QURAN PROGRAM j-QAF. Penyelidikan Dedikasi 8 (2014): 12-26.
Awhinarto, Suyadi. OTAK KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ISLAM: ANALISIS KRITIS PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM BERBASIS NEUROSAINS. Jurnal Pendidikan Karakter 10, no. 1 (2020): 143-56.
Darmalaksana, Wahyudin. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020, 1-6.
Hartati, Rita. Optimizing the Functions of the Village Consultative Board in Realizing the Principles of Good Governance. Jurnal Moderat 534, no. 4 (2018): 114-23.
Haryadi, Toto, and Aripin Aripin. Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi Warungku. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia 1, no. 02 (2015): 122-33. https://doi.org/10.33633/andharupa.v1i02.963.
Ishak, H., M. H. Mamat, M. F. Mohdsaad, S. Mohamad, Mohdaderiche Noh, Miftachul Huda, and Andino Maseleno. Student Learning Factors in J-Qaf Khatam Al-Quran Model. Annals of the Romanian Society for Cell Biology 25, no. 2 (2021): 291-300.
Jaafar, Hamir Hamzah, and Mohamad Said Mat Hilmi. PEMBANGUNAN INOVASI TAJWID YADUN UNTUK PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN ILMU TAJWID. ASEAN Comparative Education Research Journal on Islam and Civilization (ACER-J) 4, no. September (2021): 32-44.
Jailani, Mohammad, Suyadi, and Dedi Djabedi. Menelusuri Jejak Otak Dan Aql Dalam Al-Quran Perspektif Neurosains Dan Pendidikan Islam Di Era Pandemi COVID-19. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam 16, no. 1 (2021): 1-19. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i1.4347.
Kasno. AQL Dan Otak Dalam Kajian Neueurosains Dan Implikasinya Pendekatan Saintifik Dalam Pendidikan Islam. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman 1, no. 2 (2019): 154-77.
Khosim, Nanang, and Ianatut Thoifah. Pembelajaran Al-Quran Untuk Generasi Millenial Di Universitas Muhammadiyah Malang. Al-Muaddib 2, no. 2 (2020): 165-77. https://doi.org/https://doi.org/10.46773/muaddib.v2i2.89.
Mahrus, Mahrus. Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2021): 81-100. https://doi.org/10.37286/ojs.v7i1.93.
Miftakhurrohman, Muhammad, and Suyadi Suyadi. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Perspektif Neurosains Pendidikan Islam. At-Tadib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 2020, 127. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i02.375.
Mohd Hanafi, bin Mamat, and Hamdi bin Ishak. Model Khatam Al-Quran j-QAF: Pengaruh Terhadap Impak Pembelajaran Murid. Al-Turath Journal of Al-Quran and Al-Sunnah 1, no. 2 (2016): 34-42.
Muhammad Nasir Mohamad Salleh, Zaharah Hussin, and Mohd Faisal Mohamed. REKA BENTUK MODEL PENGAJARAN TARANUM AL-QURAN: ANALISIS TERHADAP MODEL-MODEL PENGAJARAN YANG TERPILIH. Journal of Islamic Educational Research (JIER), 5 (2020): 11-20.
Nawi, Muhammad Zulazizi Mohd, Muhammad Amirul Mohd Nor Nor, Rashidi Omar, and Norhisham Muhamad. Pembacaan Al-Quran Dalam Pendidikan Masa Kini: Satu Tinjauan Umum. Jurnal Al-Turath 6, no. 1 (2021): 43-55.
Pratiwi, Eka Fitria Ranti. UPAYA GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAMBAUL HIDAYAH DESA SUBAN BARU KEC. KELEKAR KAB. MUARA ENIM. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. UIN Raden Fatah, 2016.
Safarina, Ujang, and Norshidah Mohamad Salleh. Pelaksanaan Jawi, Al-Quran, Bahasa Arab, Fardu Ain ( j-QAF) Dalam Program Pendidikan Khas Integrasi. Jurnal ORTOPEDAGOGIA 4, no. 1 (2018): 59-65.
Sajari, Fenny Farhana Mohd, and Hafizhah Zulkifli. Pelaksanaan Model Tasmik JQAF Secara Dalam Talian: Satu Pendekatan. International Journal of Advanced Research in Islamic Studies and Education (ARISE) 1, no. 3 (2021): 1-14.
Susanto, and Ida Royani Munfarohah. Neurosains Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intelektual Peserta Didik SD Islam Al-Azhar Bumi Serpong Damai. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tunggi Agama Islam 12, no. 2 (2020): 331-48.
Suyadi, Awhinarto. Otak Karakter Dalam Pendidikan Islam: Analisis Kritis Pendidikan Karakter Islam Berbasis Neurosains. Jurnal Pendidikan Karakter 10, no. 1 (2020): 143-56.
Thoifah, Ianatut. Efektivitas Pembelajaran Tematik Pada Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Di MI Hidayatul Islam Mentoro Tuban.MADRASAH 7, no. 1 (January 29, 2016): 53-70. https://doi.org/10.18860/jt.v7i1.3304.
Thoifah, Ianatut. Pengaruh Gaya Belajar Dan Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Al-Quran Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no. 2 (June 16, 2018): 111-23. https://doi.org/10.18860/jpai.v4i2.5405.
Thoifah, Ianatut, and Saeful Biantoro. Problems and Alternative Solutions For the Implementation of Islamic Religious Education Learning During The Pandemic?: A Literature Review 10, no. 1 (2021): 1-11. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/progresiva.v10i1.17693.
Thoifah, Ianatut, Muhammad Yusuf, Muhammad Heriyudanta, and Asyraf Isyraqi Jamil. Classification of Indonesian Students Ability To Read Al-Quran?: The Role of Educational Institutions. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 19, no. 2 (2021): 269-89. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/cendekia.v19i2.3027.
Wahyudi, Trisapto, Agung Nugroho, Jl H R Rasuna, Said Kavling, Jakarta Selatan, and Telepon Faksimili. Optimalisasi Peran Timpora Pasca Berlakunya Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Bebas Visa Kunjungan ( Role Optimization of The Foreigners Supervision Team Post The Presidential Decree Number 21 / 2016 on Visa Visit Exemption ) Abstrak Jurnal JIKH 11, no. 3 (2017): 263-85.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.