Peningkatan Kompetensi Guru MGMP Matematika SMA/MA Kota Samarinda dalam Pembelajaran Statistika Menggunakan Aplikasi RStudio Cloud
Abstract View: 108, PDF Download: 78DOI:
https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i4.2439Keywords:
pelatihan, perangkat lunak, RStudio Cloud, guru, Samarinda, training, software, teacherAbstract
Peran teknologi dalam pengembangan proses pembelajaran Matematika maupun Statistika sangat krusial seiring dengan perkembangan teknologi khususnya di era Big Data. Teknologi memungkinkan guru untuk secara efektif dan efisien menjalankan proses pembelajaran yang berkaitan dengan pengolahan data dan analisis data Statistika. Kemampuan Statistika menjadi penting untuk diajarkan lebih dini di sekolah sehingga guru perlu meningkatkan kompetensinya dalam pembelajaran yang memanfaatkan teknologi di bidang Statistika. Oleh karena itu, dilaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berupa pelatihan penggunaan perangkat lunak RStudio Cloud untuk meningkatkan kompetensi pembelajaran Statistika bagi guru SMA/MA khususnya yang tergabung dalam MGMP Matematika SMA/MA Kota Samarinda. Metode pelatihan yang digunakan adalah tatap muka, ceramah, latihan, dan diskusi. Peserta mengerjakan tes sebelum dan sesudah pelatihan. Diperoleh data tes awal dengan nilai rata-rata 119,1667 dan data tes akhir dengan rata-rata 140,8333 yang kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan Uji-t. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai signifikansinya 0,000 < α=0,05. Berdasarkan hasil tes, diperoleh bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil tes akhir peserta dibandingkan dengan rata-rata hasil tes awal. Dengan demikian, kegiatan pelatihan memberikan pengaruh positif bagi guru-guru Matematika SMA/MA di Kota Samarinda terkait pemahaman dan implementasi aplikasi RStudio Cloud dalam upaya meningkatkan kompetensi guru-guru dalam pembelajaran Statistika.
References
Amijaya, F. D. T., Syaripuddin, Wasono, Nurul Huda, M., A’yun, Q. Q., Amaidi, Raming, I., Wigantono, S., Sandariria, H., Putri, D. F., Mangngiri, I., Mulyadi, T. K., & Novia, H. (2023). Pelatihan Pengerjaan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Bidang Matematika untuk Siswa Kelas 12 SMA Kota Samarinda. Journal of Social Outreach, 2(1), 48–56.
Annas, S., Nusrang, M., Irwan, Rais, Z., & Ruliana. (2023). Pelatihan Software R Bagi Dosen Universitas Al-Syariah Mandar. Panrannuangku, 3(1), 2798–1096. https://doi.org/10.35877/panrannuangku1810
Hanum, H., Andriani, Y., & Setyawan, D. (2018). Pelatihan Software R untuk Analisis Statistik. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 754–759. https://cran.r/packages/xlxs
Juliza, M. (2023). Pelatihan Software R Untuk Analisis Deskriptif Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Olah Data. JACOM: Journal of Community Empowerment, 01(01), 6–13.
Nasution, Y. N., Syaripuddin, S., Wasono, W., Amijaya, F. D. T., Huda, Moh. N., & A’yun, Q. Q. (2022). Pelatihan Penggunaan Software Geogebra di SMP Fastabiqul Khairat dan SMP Islam Bunga Bangsa Samarinda. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 319–324. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.577
Pramesti, W., Hapsery, A., Hamidah, W. N., & Azmi, U. (2021). Pelatihan Analisis Korelasi dan Regresi pada Statistika Dasar untuk Data Science Menggunakan Software R. Manggali, 1(2), 177. https://doi.org/10.31331/manggali.v1i2.1752
Priwantoro, S. W., Fahmi, S., & Ariesta, D. (2019). Pelatihan Peningkatan Kemampuan IT bagi Guru Matematika menggunakan GeoGebra. Jurnal Terapan Abdimas, 2(2), 203–209.
Putri, D. F., Amijaya, F. D. T., Wasono, W., Raming, I., Wigantono, S., Syaripuddin, S., Huda, Moh. N., A’yun, Q. Q., Sandariria, H., Ramadhanty, H. N., Fahrezi, K. N., Adawiyah, R., & Sahputra, D. R. (2023). Pelatihan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Matematika untuk Siswa-Siswi SMA/MA di Kota Samarinda. Journal of Research Applications in Community Service, 2(3), 71–78. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i3.2239
Rahayu, W., & Rohimah, S. R. (2015). Pembelajaran Keterampilan Menggunakan Software R Sebagai Solusi untuk Meningkatkan Inovasi Pembelajaran Bagi Guru-Guru Matematika SMA dan SMK di Jakarta Timur. Sarwahita, 12(2), 134–140. https://doi.org/10.21009/sarwahita.122.10
Rahman, A. S., Ellesia, N., Lismiatun, Azis, A., & Rahim, E. (2021). Pemanfaatan Teknologi Dalam Memotivasi Proses KBM Yang Kreatif Dan Inovatif Kepada Siswa-Siswi Smk Muhammadiyah Parakan Pamulang Tangerang Selatan. Program Studi Ekonomi Manajemen Universitas Pamulang Jurnal LOKABMAS Kreatif, 02(01), 48–54.
Riyono, J., Pujiastuti, C. E., Syaifudin, & Puspa, S. D. (2023). Pelatihan Pengolahan Data Penelitian: Estimasi Parameter dan Analisa Regresi Menggunakan R Untuk Guru SMA Di Jakarta dan Sekitarnya. Abdimasku, 6(3), 848–856. https://bit.ly/PKM_Statistik_2022
Simbolon, A. (2020). Penggunaan Software Geogebra dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa pada Pembelajaran Geometri di SMP N 2 Tanjung Morawa. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1106–1114.
Verzani, J. (2018). SimpleR Using R for Introductory Statistics. http://www.math.csi.cuny.edu/Statistics/R/simpleR
Yazici, B., & Yolacan, S. (2007). A Comparison of Various Tests of Normality. Journal of Statistical Computation and Simulation, 77(2), 175–183. https://doi.org/10.1080/10629360600678310
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal of Research Applications in Community Service
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan