Pengenalan Pojok Statistik Sejak Dini dan Ilmu Data Sains Bagi Siswa dan Guru di SMAN Kota Samarinda

Abstract View: 109, PDF Download: 83

Authors

  • Meirinda Fauziyah Universitas Mulawarman
  • Sifriyani Sifriyani Universitas Mulawarman
  • Sri Wahyuningsih Universitas Mulawarman
  • Suyitno Suyitno Universitas Mulawarman
  • Andrea Tri Rian Dani Universitas Mulawarman
  • Siti Mahmuda Universitas Mulawarman
  • Hadi Koirudin Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i3.2263

Keywords:

Pendidikan, Data Sains, Pojok Statistik, Education, Science Data, Statistics Corner

Abstract

Pendidikan merupakan bentuk usaha sadar seseorang untuk mengembangkan potensi diri agar memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, serta keterampilan diri. Pada masa kini keterampilan diri terfokus dalam urgensi data yang banyak dibutuhkan di sektor industri dengan keahlian menganalisis masalah dan menghasilkan insight untuk menjawab kepentingan manusia di masa depan dengan mengenal ilmu data sains. Data sains merupakan cabang ilmu gabungan dari statistika, pendekatan sains, Artificial Intelligence (AI) untuk menganalisis sebuah big data sampai menghasilkan kesimpulan yang mudah dipahami. Tujuan kegiatan PKM ini memberikan pemahaman informasi pojok statistik sebagai wadah ilmu statistik kepada siswa dan guru sejak dini, membagikan informasi pengembangan ilmu data sains terkini menjadi seorang data scientist. Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode Participatory Learning and Action (PLA) dengan melibatkan siswa/siswi dan guru. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman sebelum dan setelah diberikan pemahaman ilmu data sains.

References

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72.

Artikel Implementasi Data sains dan Data Analytics. (2022). Diakses melalui https://bamai.uma.ac.id/2022/04/22/implementasi-data-science-dan-data-analytics/ pada tanggal 25 September 2023 pukul 15.25 WITA.

Badan Pusat Statistik. (2021). Diakses melalui https://pojokstatistik.bps.go.id/videographics?_token=8gLLxqbi5KW6y880UJSTA6NGmyuKrNeXdCy7czZb&keyword= pada tanggal 25 September 2023 pukul 15.20 WITA.

Kamal, M. R., Tanoto, M., & Khotimah, A. H. (2015). Pintar Matematika 6B. Yudhistira. Jawa Timur

Kompas.com. (2020). Diakses melalui Dunia Kerja 2022: Daftar 10 Pekerjaan yang Diminati dan Ditinggalkan Halaman all - Kompas.com pada tanggal 25 September 2023 pukul 15.20 WITA. Author: Yohanes Enggar Mustusilo.

Nurillahwaty, E. (2022). Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 81–85.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915.

Rahman, A. B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa:Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Salsabila, U. K., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133.

Siregar, B., Pangruruk, F. A., Siridion, S. T., & Others. (2022). Pengenalan Data sains dan Profesi Data Scientist di SMA Pramita Tangerang. JPMB (Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari), 1(2), 87–96.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Fauziyah, M., Sifriyani, S., Wahyuningsih, S., Suyitno, S., Dani, A. T. R., Mahmuda, S., & Koirudin, H. (2023). Pengenalan Pojok Statistik Sejak Dini dan Ilmu Data Sains Bagi Siswa dan Guru di SMAN Kota Samarinda. Journal of Research Applications in Community Service, 2(3), 79–85. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i3.2263
Abstract View: 109, PDF Download: 83

Most read articles by the same author(s)