Pelatihan Geogebra untuk Peningkatan Kompetensi Guru MGMP Matematika SMA/MA Kota Samarinda

Abstract View: 62, PDF Download: 61

Authors

  • Syaripuddin Syaripuddin Universitas Mulawarman
  • Qonita Qurrota A'yun Universitas Mulawarman
  • Indarsih Indarsih Universitas Gadjah Mada
  • Solikhatun Solikhatun Universitas Gadjah Mada
  • Uha Isnaini Universitas Gadjah Mada
  • Sri Wahyuni Universitas Gadjah Mada
  • Fidia Deny Tisna Amijaya Universitas Mulawarman
  • Hardina Sandariria Universitas Mulawarman
  • Gunardi Gunardi Universitas Gadjah Mada
  • Adhitya Ronnie Effendie Universitas Gadjah Mada
  • Sifriyani Sifriyani Universitas Mulawarman
  • Andrea Tri Rian Dani Universitas Mulawarman
  • Mohamad Fahruli Wahyujati Universitas Gadjah Mada
  • Taqriri Kamal Mulyadi Universitas Mulawarman
  • Fachrian Bimantoro Putra Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i4.2438

Keywords:

Pelatihan, Perangkat lunak, GeoGebra, guru, Samarinda, training, software, teacher

Abstract

Teknologi dapat memudahkan guru dalam menyampaikan konsep matematika kepada siswa melalui media pembelajaran di kelas. Pembelajaran di bidang Matematika perlu memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mengatasi tantangan di era digital. Permasalahan yang terjadi adalah bahwa mayoritas guru Matematika SMA/MA di Samarinda belum menggunakan perangkat lunak untuk mendukung mutu proses pembelajaran Matematika secara daring maupun luring. Oleh karena itu, dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat, maka diselenggarakan pelatihan Perangkat Lunak GeoGebra untuk peningkatan kompetensi pembelajaran Matematika bagi guru SMA/MA khususnya yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA/MA di Kota Samarinda. Pelatihan menggunakan metode tatap muka dengan diisi ceramah, diskusi, dan latihan. Peserta pelatihan mengerjakan tes yang diberikan di awal dan akhir pelatihan dalam rangka mengukur pemahaman peserta terhadap materi pelatihan. Diperoleh hasil tes awal dengan nilai rata-rata 102,12 dan hasil tes akhir dengan nilai rata-rata 130. Selanjutnya, hasil tes tersebut dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji beda rata-rata Wilcoxon. Hasil menunjukkan bahwa nilai asymp. sig. (2-tailed) 0,000 kurang dari nilai alpha (α) yaitu 0,05. Berdasarkan hasil analisis uji beda rata-rata, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata nilai tes awal dan tes akhir. Kenaikan yang signifikan antara nilai rata-rata tes awal dengan nilai rata-rata tes akhir pelatihan mengindikasikan peningkatan pemahaman peserta pelatihan terhadap Perangkat Lunak GeoGebra. Tim terus memberikan pendampingan yang berkelanjutan terkait pemanfaatan GeoGebra kepada kepada guru-guru Matematika SMA/MA Kota Samarinda melalui forum komunikasi grup WhatsApp.

References

Amijaya, F. D. T., Huda, M. N., A’yun, Q. Q., Raming, I., Wigantono, S., Sandariria, H., Putri, D. F., Mangngiri, I., Mulyadi, T. K., & Novia, H. (2023). Pelatihan Pengerjaan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Bidang Matematika Untuk Siswa Kelas 12 SMA Kota Samarinda. Journal of Social Outreach, 2(1), 48–56.

Güven, B., & Kosa, T. (2008). The Effect of Dynamic Geometry Software in Student Mathematics On Student Spatial Visualization Skills. Dalam The Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET (Vol. 7).

Istikomah, E. (2021). The Increasing Self-Efficacy and Self-Regulated through Geogebra Based Teaching reviewed from Initial Mathematical Ability (IMA) Level. Dalam International Journal of Instruction (Vol. 14, Nomor 1). www.e-iji.net

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA Samarinda. (2023, Mei 17). Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA Samarinda. https://mgmpmtksmasmd.wordpress.com/

Priwantoro, S. W., Fahmi, S., & Ariesta, D. (2019). Pelatihan Peningkatan Kemampuan IT bagi Guru Matematika menggunakan GeoGebra. Jurnal Terapan Abdimas, 2(2), 203–209.

Saha, R. A., Ayub, A. F. M., & Tarmizi, R. A. (2010). The effects of GeoGebra on Mathematics Achievement: Enlightening Coordinate Geometry Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8, 686–693. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.095

Septia, T., & Wahyu, R. (2023). Literasi Digital Peserta Didik dalam Pembelajaran Geometri Terintegrasi Geogebra. Lusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 51–60.

Simbolon, A. (2020). Penggunaan Software Geogebra dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa pada Pembelajaran Geometri di SMP N 2 Tanjung Morawa. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1106–1114.

Yazici, B., & Yolacan, S. (2007). A Comparison of Various Tests of Normality. Journal of Statistical Computation and Simulation, 77(2), 175–183. https://doi.org/10.1080/10629360600678310

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Syaripuddin, S., A’yun, Q. Q., Indarsih, I., Solikhatun, S., Isnaini, U., Wahyuni, S., Amijaya, F. D. T., Sandariria, H., Gunardi, G., Effendie, A. R., Sifriyani, S., Dani, A. T. R., Wahyujati, M. F., Mulyadi, T. K., & Putra, F. B. (2023). Pelatihan Geogebra untuk Peningkatan Kompetensi Guru MGMP Matematika SMA/MA Kota Samarinda. Journal of Research Applications in Community Service, 2(4), 119–128. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i4.2438
Abstract View: 62, PDF Download: 61

Most read articles by the same author(s)