Evaluasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pendidikan Jasmani Di Mts Al Muttaqien Jayapura
Abstract View: 146, PDF Download: 95DOI:
https://doi.org/10.32665/citius.v2i1.496Keywords:
Pendidikan Tatap Muka, Pendidikan Jasmani, Covid-19Abstract
Riset yang dilakukan ini yakni bertujuan untuk mendeskripsikan dilakukannya pembelajaran langsung (PTM) secara eksklusif dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani (Penjas) di masa kenormalan baru pandemi Covid-19. Metode dalam riset yang dilakukan yakni deskripstif kuantitatif kualitatif dengan melibatkan 172 subyek. Efidensi awal didapatkan dengan teknik pengumpulan lembar pengamatan pembelajaran PTM baik untuk pengajar maupun peserta didik, interviu dengan murid, free essay, dan notasi di lapangan serta dianalisis menggunakan teknik statistika deskriptif berbentuk penetapan mean serta data persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Data pada kelas VII menunjukkan proporsi mayoritas kategori baik (42,37%); (2) Data pada kelas VIII menunjukkan proporsi mayoritas kategori baik (41,38%); dan (3) Data pada kelas IX menunjukkan proporsi mayoritas kategori baik (50,91%). Berdasarkan data ini, bisa ditarik benang merah jika implementasi PTM terbatas mata pelajaran Penjas di MTs Al Muttaqien Kota Jayapura telah berjalan dengan baik dan berhasil. Oleh karenanya, PTM terbatas harus tetap dilaksanakan dengan prinsip kehati-hatian, mengingat dampak dari PTM terbatas yakni mencakup aspek psikis dan sosial pada anak.
References
Adhimah, S. (2020). Peran Orang Tua dalam Menghilangkan Rasa Canggung Anak Usia Dini (Studi Kasus di Desa Karangbong RT. 06 RW. 02 Gedangan-Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57–62. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31618
Aisyah, S., & Muhammad Alif Kurniawan. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 48–56. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195
Arke, I. G., Wijaya, M. A., & Lesmana, K. Y. P. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Berbantuan Video Tutorial pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 165–172. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094
Artayasa, I. P., Muhlis, Sukarso, A., & Hadiprayitno, G. (2022). Penyuluhan Pemanfaatan Video Animasi untuk Pembelajaran Selama Pandemi Covid-2019 di SMPN 3 Mataram. Jurnal PEPADU, 3(1), 82–90. https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v3i1.453
Brown, S. (2020). Learning Management System Adoption by Academics : A Perspective Following the Forced Lockdown of NZ Universities due to COVID-19 in 2020. Journal of Open, Flexible and Distance Learning, 25(2), 55–65.
Cahyono, T. T., Resita, C., & Hidayat, A. S. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Patriot, 3(3), 314–328. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i3.806
Diva, A. S., Chairunnisa, A. A., & Mufidah, T. H. (2021). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Andi. Current Research in Education: Series Journal, 1(1), 1–10.
Fitriansyah, F. (2022). Dinamika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Kalangan Mahasiswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 123–130. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1438
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.
Hutauruk, A. F., Gultom, S., & Nasution, A. A. B. (2021). Online Learning and Face-to-Face Learning in the COVID-19 Pandemic in SMA Erlangga Pematangsiantar. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 1053–1058. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1712
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (LMS) Berbasis Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180
Kaharuddin. (2020). Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489
Koroh, T. D. (2020). Respons Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Widyadewata : Jurnal Balai Diklat Keagamaan Denpasar, Volume 3(1), 54–59. https://widyadewata.bdkdenpasar.id/index.php/widyadewata/article/view/10/9
Kurdi, & Qomarrullah, R. (2020). Penerapan Model Self-Directed Learning (SDL) dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 8–21.
Masyithoh, D., & Arfinanti, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Pada Era New Normal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 160–167. https://doi.org/10.26618/sigma.v13i2.6419
Mendrofa, F. (2021). Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2125–2131. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1124
Musu, W., Simpen, W., & Samsie, I. (2021). Identifikasi Pola Pembelajaran Daring dimasa Pandemi Covid-19 menggunakan Teknik Data Mining Identification of Online Learning Patterns during the Covid-19 Pandemic using Data Mining Techniques. Jurnal_Pekommas, Special Is, 11–20. https://doi.org/10.30818/jpkm.2021.2060302
Nissa, S. F., & Haryanto, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 402. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.840
Nurhadi, N. (2020). Blended Learning dan Aplikasinya di Era New Normal Pandemi Covid-19. Agriekstensia, 19(2), 121–128. https://doi.org/10.34145/agriekstensia.v19i2
Ode, L., Aswat, H., Sari, E. R., Meliza, NurOde, L., Aswat, H., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di Masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400–4406. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 212. https://doi.org/10.38043/jids.v1i2.219
Qomarrullah, R. (2015). Model Aktivitas Belajar Gerak Berbasis Permainan Sebagai Materi Ajar Pendidikan Jasmani. Journal of Physical Education, Health and Sport, 2(2), 76–88. https://doi.org/10.15294/jpehs.v2i2.4591
Rachman, F., & Tuasikal, A. R. S. (2021). Survei Pembelajaran Daring PJOK pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Lenteng. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan (JPOK), 1(1), 27–45. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/42154
Ridwan Ahmad Maftuhin, P. K. P., & Danang Aji Setyawan. (2021). Efektifitas Guru Pendidikan Jasmani dalam Pembelajaran Daring. Edu Sportivo, 1(1), 106–111. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2021.vol2(2).7007
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Setiawan, A. P., Masruri, L., Trastianingrum, S. A. P., & Purwandari, E. (2021). Metode Pembelajaran Daring Akibat Covid-19: Perspektif Pelajar dan Mahasiswa. Proyeksi, 16(1), 83. https://doi.org/10.30659/jp.16.1.83-91
Sutoro, Sinaga, F. S. G., & Qomarrullah, R. (2019). Socialization of Blanded E-Learning Learning System on The College of Kinesiologi. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 1(2), 169–174. https://doi.org/10.24036/jba.v1i2.30
Utami, D. P., Melliani, D., Maolana, F. N., Marliyanti, F., & Asep, H. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan dalam Perspektif Ekologi. 1(12), 6. https://doi.org/10.47492/jip.v1i12.536
Wahyuni, A. S. (2021). Penerapan model hybrid learning dalam PTM terbatas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 472–481. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681376
Yunus, K., Gani, R. A., & Julianti, R. R. (2021). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Aktivitas Air. Jurnal SEGAR, 9(2), 69–78. https://doi.org/doi.org/10.21009/Segar/0802.02
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). The Type of Descriptive Research in Communication Study. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20