MOTIVASI BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI
Abstract View: 1305, PDF Download: 935DOI:
https://doi.org/10.32665/citius.v1i2.272Keywords:
Motivasi, Pendidikan jasmaniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi siswa kelas VII dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMP Negeri 1 Ngraho Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C dan D di SMP Negeri 1 Ngraho Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 55 siswa sehingga disebut penelitian populasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa kelas VII dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMP Negeri 1 Ngraho Tahun Ajaran 2020/2021. Didapat nilai yang signifikan berada dalam kategori “rendah” sebesar 36,37% ditinjau dari indicator faktor intrinsik dan ekstrinsik.
References
Afdal, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Dribbling Dalam Permainan Sepakbola Menggunakan Gaya Mengajar Divergent Di SMP Negeri 1 Balusu. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan validitas aitem. Buletin Psikologi, 3(1), 19–26.
Rahmiyati Padli D, 2018. (2018). Survei Motivasi Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Di Kelas Xi Ipa Sma Negeri 3 Enrekang Kabupaten Enrekang Skripsi Rahmiaty Padli D.
Sugiyono, M. (2007). Kualitataif dan r&d, Bandung: Alfabeta, 2010. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2006). metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.