SURVEI MINAT PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN VIRTUAL PENDIDIKAN JASMANI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL
Abstract View: 171, PDF Download: 184DOI:
https://doi.org/10.32665/citius.v1i2.249Keywords:
Minat, AudiovisualAbstract
Penelitian ini bertujuan unutuk mengetahui minat peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ngraho terhadap pembelajaran virtual Pendidikan Jasmani dengan media video. Desain penelitian ini mengunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data mengunakan angket. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII G di SMP Negeri 1 Ngraho tahun ajaran 2020/2021yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik analisis data data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat peserta didik kelas VII G dalam mengikuti pembelajaran virtual pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) mengunakan media video di SMP Negeri 1 Ngraho tahun ajaran 2020/2021 didapat nilai yang signifikan berada dalam kategori kategori “Tinggi” sebesar 78,15%. ditinjau dari presentase indikator sikap, keinginan, dorongan dan Ketekunan.
References
Purwanto, Budi. 2011. “Pentingnya Kreativitas Guru Dan Calon Guru Fisika SMA Dalam Upaya Pengembangan Dan Pengadaan Alat Demonstrasi/Eksperimen Untuk Menjelaskan Konsep Dasar Fisika.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA (1): 229–38.
Risma Febrianti. 2016. “Pembelajaran PENJASORKES Menggunakan Media Video Terhadap Minat Siswa SMP PGRI Petanahan Mempelajari Bola Voli.” JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan, Pengajaran) 2: 1.
Saifudin Azwar. 2016. Tes Prestasi. Fungsi Dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sudrajat, Ajat. 2011. “Mengapa Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Karakter I(1): 47–58.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Bina Aksara.