Stimulasi Keterampilan Motorik Anak Melalui Permainan Tradisional
Abstract View: 178, PDF Download: 97DOI:
https://doi.org/10.32665/citius.v3i2.2443Keywords:
stimulasi gerak ; keterampilan motorik ; permainan tradisional.Abstract
Keterampilan motorik merupakan keterampilan penting yang harus dikembangkan pada anak usia dini. Salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan motorik pada anak adalah melalui permainan tradisional. Penelitian ini membahas tentang stimulasi keterampilan motorik anak melalui permainan tradisional studi pada MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuisioner dan wawancara. Tahapan pada penelitian ini yaitu ; 1). Tahapan pendahuluan dilakukan dengan observasi lapangan; 2). Pengembangan awal, rancangan untuk mengidentifikasi permainan tradisional yang dilakukan di MINU Ngingas Waru Sidoarjo; 3). Melakukan wawancara, pengisian kuisioner/angket tentang permainan tradisional; dan 4). Menganalisis manfaat permainan tradisional sebagai stimulan aspek perkembangan motorik anak. Penelitian terdahulu yang dilakukan Efendi, Dwi (2022) menunjukan hasil bahwa permainan tradisional dapat menstimulasi anak dalam mengembangkan kerjasama, membantu anak mengembangkan keterampilan motorik anak, serta menghargai orang lain. Jadi Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini yaitu terdapat lima jenis permainan tradisional yang dilaksanakan di MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Jenis permainan tradisional tersebut merupakan sarana dalam mengembangkan aspek perkembangan dasar anak, seperti: pisik-mitorik, kognitif, sosial-emosional, dan bahasa. Terlebih lagi, anak usia dini dapat mengenal nilai-nilai budaya lokal yang terdapat dalam setiap jenis permainan. Dengan melakukan stimulasi keterampilan motorik melalui permainan tradisional, diharapkan anak dapat mengembangkan keterampilan motoriknya dengan lebih baik dan menyenangkan.
References
Azahari, A. R. (2017). Pelestarian Olahraga Tradisional Menyipet Di Kota Palangkara. Mediasosian, Vo. 1(1), hal. 83-101. Doi: https://doi.org/10.30737/mediasosian.v1i1.185
Cahya, S. T., Zakaria, D. A., & Kurnia, D. (2022). Minat Mahasiswa terhadap Olahraga Tradisional. Journal Respecs (Research Physical Education and Sports), 4(2), 138–147. Doi: https://doi.org/10.31949/respecs.v4i2.3016
Da’i, M., & Maulidaty, I. E. (2021). the Effect of Playing Puzzle Therapy on the Fine Motoric Development of Pre-School Children in Tk Tunas Harapan Batokan Kasiman. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2), 79–85. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v8i2.8983
Da’i, M., Ramadhan, N., & Rohman, A. (2023). Comparison of Physical Fitness Levels between Boarding School Students based on Islamic Boarding School and Formal School Students. Journal Coaching Education Sports, 4(1), 140–152. Doi: https://doi.org/10.31599/jces.v4i1.1876
Dai, M., & Putri, W. S. K. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Citius: Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, 1(1), 15–17. Doi : https://doi.org/10.32665/citius.v1i1.189
Dini, J. (2022). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. Doi: 10.31004/obsesi.v6i1.1166
Fadli, Z. (2014). Membentuk Karakter Anak dengan Olahraga Tradisional. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 14(2), 49–56. Doi: https://doi.org/10.24114/jik.v14i2.6114
Firdaus, N. F., Da’i, M. D., & Olivia, O. D. C. (2022). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Teknik Dasar Bola Futsal. Citius: Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, 2(2), 109–113. Doi: https://doi.org/10.32665/citius.v2i2.1153
Firmansyah, G., Adi, S., Utama, M. B. R., & Aliriad, H. (2022). Aktivitas Fisik Dan Indeks Massa Tubuh Siswa Pada Saat Pandemi Siswa Pondok Pesantren. Citius: Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 2(1), 58–63. Doi: https://doi.org/10.32665/citius.v2i1.449
Gandasari, M. F., & Landak, I. P. P. T. (2019). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Sepak Beleg Terhadap Kemampuan Kelincahan Anak Usia 7-10 Tahun. Jurnal Ilmu Keolahragaan II (April). Doi: https://doi.org/10.26418/jilo.v2i1.32628
Hanum, A., & Rohita, R. (2021). Kegiatan sentra olah tubuh dalam menstimulasi kemampuan motorik kasar anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 89–101. DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.584
Hasanah, U. (2016). Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permainan tradisional bagi anak usia dini. Jurnal pendidikan anak, 5(1). Doi: 10.21831/jpa.v5i1.12368
Hidayanti, M. (2013). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan bakiak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 195–200.
Jannah, R. (2019). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Bermain Slime Di Kelompok A Paud Mubina Bekasi Tahun 2018/2019. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta.
Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1). Doi: https://doi.org/10.33365/.v1i1.622
Mudzakir, D. O. (2020). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Penjas Di Sekolah Dasar. Dicky Oktora Mudzakir, 10(1), 44–49.
Novitasari, R., Nasirun, M., & Delrefi, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 6–12. Doi: https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12
Nugroho, I. H., Sukmana, A. A., Lestariningrum, A., Septiano, N. I., & Rizqi, A. B. (2021). Efektifitas Pengembangan Model Permainan Bola Keranjang Aspek Motorik Kasar Anak 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2127–2137. Doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1974
Rachmawati, N., Muhyi, M., & Wiyarno, Y. (2020). Pengembangan Permainan Olahraga Tradisional untuk Meningkatkan Nilai Peduli dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 125–137.
Rahman, T. R., Sumardi, S., & Cahyani, D. D. (2020). Profil Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 143–151. Doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.894
Rismayanthi, C. (2013). Mengembangkan keterampilan gerak dasar sebagai stimulasi motorik bagi anak taman kanak-kanak melalui aktivitas jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(1).
Riyanto, S., & Pipo, B. H. (2021). PkM: Menghidupkan Kembali Permainan Tradisional untuk Mengurangi Intensitas Bermain Game Online Pada Anak-Anak di Desa Genilangit. Tridarma: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 4(1), 29–34.
Safari Indra, “Analisis Unsur Fisik Dominan Pada Olahraga Tradisional,” Jurnal Kependidikan, 40.2 (2010), 157–64. Doi: https://doi.org/10.21831/jk.v40i2.495
Simatupang, Iis Verawati, “Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Tradisional Tambi-Tambian,” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5.2 (2018). Doi: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.3982
Soni, S. W., Apriyanto, R., & Da’i, M. (2021). Pengaruh Latihan Kombinasi Lompat Dan Lari Terhadap Kecepatan Tendangan Sabit Atlet Pencak Silat Putra. Citius: Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, 1(2), 18–20.
Sujiono, B., Sumantri, M. S., & Chandrawati, T. (2014). Hakikat Perkembangan Motorik Anak. Modul Metode Pengembangan Fisik, 1–21.
Sukamto, M., Putri, W. S. K., & Aliriad, H. (2021). Survei Minat Peserta Didik Dalam Pembelajaran Virtual Pendidikan Jasmani Dengan Media Audio Visual. Citius: Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 1(2), 21–25. Doi: https://doi.org/10.32665/citius.v1i2.249
Sutini, A. (2018). Meningkatkan keterampilan motorik anak usia dini melalui permainan tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). Doi: https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386
Tanto, Octavian Dwi, dan Aulia Humaimah Sufyana, “Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4.2 (2020), 575. Doi: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421