Meningkatkan Minat Belajar Melalui Modifikasi Permainan Bola Voly Di Sekolah
Abstract View: 332, PDF Download: 176DOI:
https://doi.org/10.32665/citius.v2i2.1311Keywords:
Minat belajar, Modifikasi, Permainan Bola VoliAbstract
Meningkatkan minat belajar melalui modifikasi permainan bola voly pada siswa SMP Swasta Nasrani Belawan Tahun Ajaran 2022/2023, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa dalam bermain bola voly dengan modifikasi permainan. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP Swasta Nasrani Belawan dengan sampel 3 kelas yaitu siswa kelas VIIIABC masing-masing berjumlah 26 siswa. Metode dalam penelitian ini memakai penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan skema 2 Siklus Penelitian. Teknik analisis data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian minat belajar bola voly pada siklus I 74,31 menjadi 84,45 pada siklus II, untuk hasil belajar 10,14 pada siklus I menjadi 33,19 pada siklus II. Kesimpulan modifikasi permaian pada cabang olahraga Bola Voly dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMP Swasta Nasrani tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan yaitu modifikasi permainan bola voly dapat diterapkan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran penjasorkes di sekolah.
References
Andriyanto, T. (2016). MINAT SISWA KELAS IV DAN DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARANPENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SD NSENDANGHARJO SLEMAN YOGYAKARTA. PGSD Penjaskes, 5.
Baidawi, T. (2019). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Bolavoli. Jurnal Patriot, 1(3), 1300–1306.
Blegur, J. (2019). Permainan kecil: Teori dan aplikasi.
Gea, A. P. M. (2018). TANGGUNG JAWAB ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR REMAJA USIA 12-18 TAHUN. Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta.
Hidayati, N. (2013). Respon guru dan siswa terhadap pembelajaran permainan bolavoli yang dilakukan dengan pendekatan modifikasi (Pada Siswa Kelas V SDN Wateswinangun I Sambeng-Lamongan). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(1).
Megy Yuli Yanti, Wahyu Setia Kuscahyaning Putri, & Hilmy Aliriad. (2021). MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI. Citius : Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 1(1 SE-Articles), 1–4. https://journal.unugiri.ac.id/index.php/citius/article/view/185
Mudi Sukamto, Wahyu Setia Kuscahyaning Putri, & Hilmy Aliriad. (2022). SURVEI MINAT PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN VIRTUAL PENDIDIKAN JASMANI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL. Citius : Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 1(2 SE-Articles), 21–25. https://journal.unugiri.ac.id/index.php/citius/article/view/249
Mulyadi, D. Y. N. (2019). MENINGKATKAN HASIL PENELITIAN PASSING BAWAH BOLAVOLI DENGAN MODIFIKASI BOLA (Penelitian Tindakan Kelas V SDN Palasari). Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 2(2), 11–21.
Nalim, N., & Salafudin, S. (2012). Statistika deskriptif. STAIN Pekalongan Press.
Pratama, B. A. (2017). Meningkatkan Ketrampilan Shooting Sepakbola Dengan Permainan Modifikasi: Meningkatkan Ketrampilan Shootingsepakbola Dengan Permainan Modifikasi. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(1 SE-Volume 2 No 1 Mei 2016), 48–58. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i1.655
Prayoga, A. S. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bawah Bola Voli Melalui Penggunaan Modifikasi Bola. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(1 SE-Volume 2 No 1 Mei 2016), 1–12. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i1.652
Ridwan, M., Febriyanti, I., & Wijaya, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Gerakan Handspring Dengan Pembelajaran Melalui Gaya Mengajar Inkuiri. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(1 SE-Volume 3 No 1 May 2017), 69–75. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i1.735
Sanjaya, D. R. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.
Showab, A. (2019). Pengaruh modifikasi permainan bola voli terhadap kegembiraan belajar siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3).
Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2).
Soraya, I. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Jakarta Dalam Mengakses Fortal Media Jakarta Smart City. Jurnal Komunikasi, 6(1).
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01).