Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Teknik Dasar Bola Futsal
Abstract View: 161, PDF Download: 152DOI:
https://doi.org/10.32665/citius.v2i2.1153Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemgaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar keterampilan teknik dasar futsal di Kelas X MA Abu Darrin Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pre-experimental dengan one gruup pretes postest design. Sampel penelitian di ambil secara random pada kelas X MA Abu Darrin Kendal Bojonegoro. Intrument yang digunakan tes pasing (mengumpan dan mengontrol bola). Teknik analisis daftar hasil uji-t besar nilai signifikansi probability atau Sig. 0,000 (Sig,<0,5) dengan demikian bisa disampaikan bahwa media audio visual tersebut dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar keterampilan pasing bola futsal di kelas X MA Abu Darrin Bojonegoro. Berdasarkan dari nilai rata-rata, nilai pretest adalah 64,5 sedangkan rata-rata posstest adalah 78,5 hal ini menunjukan bahwa media audio visual mampu memberikan perubahan yang lebih baik 17% untuk belajar keterampilan pasing bola futsal di kelas X MA Abu Darrin Kendal Bojonegoro.
References
Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).
Cendra, R., Gazali, N., & Dermawan, M. R. (2019). The effectiveness of audio visual learning media towards badminton basic technical skills. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(1 SE-Article), 55–69. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i1.12757
Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).
Haryoko, S. (2012). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).
Himawan, F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Shooting Futsal (Studi kasus SMAN 3 Karawang). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).
Iyakrus, I. (2018). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Prestasi. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 7(2).
Jaedun, A. (2011). Metodologi penelitian eksperimen. Fakultas Teknik UNY, 12.
Kusuma, K. C. A., Artanayasa, I. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2022). The validity of D-MENBOLA: Digitalization of football learning media based on articulate storyline 3. Journal Sport Area, 7(1 SE-RESEARCH ARTICLES), 23–32. https://doi.org/10.25299/sportarea.2022.vol7(1).7370
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Santoso, P. D., & Mudjihartono, M. (2016). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Afektif Kognitif Dan Psikomotor Siswa Dalam Pembelajaran Permainan Futsal Di Smpn 1 Lembang. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 38–47.
Simanjuntak, V., & Maksum, H. (2021). Improving the results of triple jump exercise using image and video media. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 7(2 SE-Article), 317–332. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v7i2.16384
Sintaro, S., Surahman, A., & Khairandi, N. (2020). Aplikasi Pembelajaran Teknik Dasar Futsal Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. TELEFORTECH: Journal of Telematics and Information Technology, 1(1), 22–31.
Sulaksono, G. (2021). Development of android based augmented reality video for tennis courts learning. Journal Sport Area, 6(2 SE-RESEARCH ARTICLES), 218–230. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(2).6361
Tarju, T., & Wahidi, R. (2017). Pengaruh Metode Latihan Terhadap Peningkatan Passing Dalam Permainan Sepak Bola. JUARA: Jurnal Olahraga, 2(2), 66–72.