Pengembangan Model Penjurian Senam Artistik Berbasis Digital
Abstract View: 166, PDF Download: 412DOI:
https://doi.org/10.32665/citius.v2i2.1134Keywords:
Penilaian, Juri Senam ArtistikAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berbasis digital yang dapat digunakan sebagai solusi dalam penjurian (alat bantu juri dalam memasukkan dan mengolah nilai) serta menyampaikan hasil nilai dalam perlombaan senam artistik secara cepat, efektif dan efisien. Teknologi informasi berkembang pesat di era sekarang. Hampir setiap sektor baik pemerintah maupun swasta telah memanfaatkan teknologi informasi guna memudahkan dalam bekerja. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RnD) yaitu metode penelitian yang menghasilkan sebuah produk tertentu, dan di uji keefektifan produk tersebut. Alur penelitian pengembangan ini merujuk dari penelitian yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang meliputi 10 alur mulai dari pengumpulan data awal sampai pemassalan produk. Subjek penelitian ini adalah juri senam artistik di wilayah Jawa Tengah. Produk yang dikembangkan telah diuji keabsahan, validitas dan reliabilitas dengan hasil perolehan pengujian validasi 94. Nilai tersebut masuk ke dalam kategori baik sekali, sehingga aplikasi dapat digunakan dalam proses penilaian senam artistik yang dilakukan oleh juri senam artistik.
References
F. Suharjana. 2008. ‘GYMNASTICS IN PHYSICAL EDUCATION IS A MEAN FOR THE ESTABLISHMENT OF Dexterity and Mental Health of ELEMENTARY SCHOOL CHILDREN’. 1–9.
Hanani, Dewi Rahmawati. 2018. ‘DEVELOPMENT OF SCORING PROGRAM IN ARROW’. Journal of Physical Therapy Science 9(1):1–11.
Iyannurdiyah Haris. 2018. ‘The Effect of Indonesia Jaya Gymnastics on Increasing Physical Components of Agility in Elementary School Students’. Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.
Oktaviana, Intan, Soegiyanto, and Achmad Rifai RC. 2020. ‘Information Technology-Based Assessment Development Model for Rhythmic Gymnastics Referees in Semarang City’. Journal of Physical Education and Sports 9(1):76–80.
Rahadian, Di. 2016. ‘INDEPENDENT SPORTS: ELITE ATHLETES AND ACHIEVEMENTS IN THE MIDDLE OF THE COVID-19 PANDEMIC’. 15(2):1–23.
Rahmawati, Diana. 2012. ‘Analysis of Factors Influencing the Utilization of Information Technology’. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan 5(1):107–18. doi: 10.21831/jep.v5i1.606.
Sari, Yudi. 2018. ‘Biomechanics Analysis of Handspring Motion in Floor Gymnastics’. Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.
Soenyoto, Tommy. 2014. ‘Development of Mushroom Equipment Prototype for Men’s Artistic Gymnastics in Central Java Province’. Journal of Physical Education Health and Sport 1(1):1–8.
Sri Haryati. 2012. ‘(R & D) As One Of The Research Models In’. Academia 37(1):13.
Sugiyono, Sugiyono, Sutarman Sutarman, and Tri Rochmadi. 2019. ‘School Level Computer Based Test (CBT) System Development’. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI) 2(1):1. doi: 10.21927/ijubi.v2i1.917.
Susanto, Nugroho. 2020. ‘THE EFFECT OF THE COVID-19 VIRUS ON SPORTS IN INDONESIA’. Konstruksi Pemberitaan Stigma Anti-China Pada Kasus Covid-19 Di Kompas.Com 68(1):1–12.
Utami, Yunita, Adi Nugroho, and Agustinus Fritz Wijaya. 2018. ‘Strategic Planning of Information Systems and Information Technology at the Department of Industry and Manpower of Salatiga City’. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 5(3):253. doi: 10.25126/jtiik.201853655.
Widarto, Muhammad Ikbal. 2015. ‘Development of Miniature Scoring Board Based on Atmega 8535 Microcontroller in Swimming Championship Simulation’. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 03.No.02:187–92.
Yolanda, Syahriel Diovanni, Rizal Maulana, Mochammad Hannats, and Hanafi Ichsan. 2019. ‘Automatic Scoring System In Shooting Competition With Animal Sillhouette Targets Using Fuzzy Logic’. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya 3(1):7610–19.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.