Implementasi Alat Peraga Abang Oleng Pada Pembelajaran Pengukuran Berat Tidak Baku di Jenjang Sekolah Dasar
Abstract View: 319, PDF Download: 226DOI:
https://doi.org/10.32665/james.v5i2.513Keywords:
Alat Peraga Abang Oleng, Hasil Belajar, Pengukuran Berat Tidak Baku, Abang Oleng’s, Learning Outcomes, Non-Standard Weight MeasurementAbstract
Alat peraga merupakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dengan tujuan mengurangi keabstrakan konsep matematika. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan mengetahui implementasi alat peraga abang oleng terhadap hasil belajar matematika jenjang sekolah dasar pada pembelajaran pengukuran berat tidak baku. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design menggunakan pre-test dan post-test. Siswa kelas I SD Tunas Bhakti 26 Surabaya dan SD Unggulan Al Multazam Surabaya terlibat dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui teknik tes untuk mendapatkan hasil belajar siswa, sedangkan hasilnya dianalisis menggunakan SPSS. Hasil perhitungan uji-t dengan SPSS diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan menggunakan alat peraga abang oleng pada mata pelajaran pengukuran berat tidak baku sangat baik digunakan di jenjang sekolah dasar ditinjau dari hasil belajar siswa.
References
S. Nursinah, I. Magdalena, and Sa’odah, “Implementasi Penggunaan Alat Peraga Karton Berpetak Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Bojongrenged,” Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, vol. 5, no. 2, pp. 1–3, 2020.
I. Noervadila and S. Fatimah, “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Papan Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel Di SMPN 2 Panji Tahun Pelajaran 2019/2020,” Jurnal ikatan alumni PGSD UNARS, vol. 8, no. 1, pp. 1–11, 2020.
M. Rismawati and R. Erni, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Menggunakan Alat Peraga Dekak-Dekak,” J-PiMat, vol. 3, no. 2, pp. 367–376, 2021.
S. P. Khalimatussakdiyah and M. P. Dhiya Ayu Tsamrotul Ihtiari, “Implementasi Alat Peraga Berbasis Metode Montessori Pada Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas II MI Guppi At-Taqwa Kaliwader,” STAINU PURWOREJO: Jurnal As Sibyan Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 2, pp. 89–105, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stainupwr.ac.id/
M. Fauziah and A. Amaliyah, “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Dakota terhadap Hasil Belajar Siswa,” Journal of Primary Education, vol. 1, no. 1, pp. 2–5, 2021.
T. Palupi, “Implementasi Penggunaan Alat Peraga Bola Kremes Sebagai Alternatif Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Materi Guling Depan Dan Guling Belakang Senam Lantai Siswa Kelas VII E Semester Genap MTs Negeri 8 Kebumen Tahun Pelajaran 2019/2020,” Jurnal Cakrawala: Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial, vol. 4, no. 1, pp. 188–201, 2020.
A. Ipmawan and Kharisma, “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Gatotkaca Terbang Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar,” Jurnal ReviewPendidikan dan Pengajaran, vol. 3, no. 1, pp. 16–23, 2020.
Affiifi. Mayssara A. Abo Hassanin Supervised, “pengukuran tidak baku,” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, pp. 9–30, 2014.
A. Arifuddin, S. Maufur, and F. Farida, “Pengaruh Penerapan Alat Peraga Puzzle dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SD/MI,” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, vol. 2, no. 1, p. 10, 2018, doi: 10.23887/jisd.v2i1.13721.
P. E. Juliana Jaya, “Implementasi Model Pembelajaran Menggunakan Alat Peraga Peta Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS,” EKUITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, vol. 8, no. 1, pp. 62–70, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU
M. Zaki and Nofriani, “Penggunaan Alat Peraga Blok Geser Pemfaktoran(Bloker) Melalui Scientifik Approach Dalam Implementasi Kurikulum 2013,” Journal of Basic EducationStudies, vol. 1, no. 1, pp. 8–14, 2018.
N. K. Tri Yunita Dewi, I. M. Sugiarta, and N. N. Parwati, “implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share(TPS) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa,” Journal of Education Action Research , vol. 5, no. 1, pp. 40–47, 2021.
S. Priyogo, “Implementasi Peraga Saripati Pada Pembelajaran Matematika Sistem Akar Pangkat Tiga,” Jurnal Mitra Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 86–105, 2020.
S. Hayun and N. Mahmud, “Implementasi Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Pulau Morotai,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 5, no. 4, pp. 71–87, 2019.
N. Litia, “Implementasi Media Pembelajaran Autograph Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika,” FORDETAK: Seminar Nasional Pendidikan, pp. 73–82, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Mathematics Education and Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work