Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Poleang
Abstract View: 290, PDF Download: 172DOI:
https://doi.org/10.32665/james.v5i1.377Keywords:
koneksi matematis, kemampuan matematis, mathematical connection, mathematical abilityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Poleang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Poleang Tahun Pembelajaran 2020/2021. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data/display data dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian diperoleh dari tes soal bentuk uraian menunjukkan bahwa dari 30 responden terdapat 1 responden dengan kemampuan koneksi matematis kategori sangat baik, 1 responden dengan kemampuan koneksi matematis kategori baik, 1 responden dengan kemampuan koneksi matematis kategori cukup, 1 responden dengan kemampuan koneksi matematis kategori kurang, dan 26 responden dengan kemampuan koneksi matematis kategori sangat kurang . Berdasarkan hasil tes kemampuan koneksi matematis siswa perindikator diperoleh: (1) Mencari hubungan berbagai representasi konsep dan prosedur matematika dengan rata-rata 43,048; (2) Mampu mengkoneksikan hubungan antar topik matematika dengan rata-rata 29,286; (3) Mampu menggunakan matematika dalam bidang studi lain dengan rata-rata 15,238; (4) Mampu mengkoneksikan matematika dalam dunia nyata atau kehidupan sehari-hari dengan rata-rata 14,286. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan koneksi matematis siswa berada pada kategori sangat kurang dengan nilai rata-rata 25,464.
References
G. P. Anandita, Analisis kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok, Skripsi, Semarang: Program Sarjana FMIPA Universitas Negeri Semarang, 2015.
Kemendikbud, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013, Jakarta: Kemendikbud, 2013.
S. Isnaeni, A. Ansori, P. Akbar, and M. Bernard, Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel, Journal on Education, Vol. 01, No. 02, 2019.
M. Mulyani and D. Muhtadi, Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Guided Discovery di SMA Al Muttaqin. Prosiding Seminar Nasional & Call for Papers 2019, 2019.
S. Mustafidah, Analisis Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Level Kognitif Peseta Didik Kelas VIII Mts NU 01 Cepiring Kabupaten Kedal Tahun Ajaran 2019/2020, Skripsi, Salatiga: Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga, 2020.
N. Nasruddin, S. Mashuri, and U. Nafiah, Peningkatan hasil belajar matematika pada materi segitiga melalui pendekatan penemuan terbimbing siswa SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, vol.4 no.2, pp.80, 2020.
N. Nasruddin and Z. Abidin, Meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa SMP. Journal of Educational Science and Technology (EST). UNM Makassar, vol.3 no.2, pp.113-121, 2017.
S. Ramdhani, Pembelajaran Matematika Dengan Pendekataan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematis, S2 Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia, 2012.
A. R. Rinzani, Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Melalui Pendekatan Advokasi dengan Penyajian Masalah Open-Ended di SMP N 5 Terbanggi Besar. Skripsi. Lampung: Program Sarjana FTK Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2017.
S. Saragih, Mengembangkan Keterampilan Berfikir Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika. vol.2, pp.310-327, 2008.
A. E. Sejati, S. Syarifuddin, N. Nasruddin, N. Miftachurohmah, and E. Haryanto, the effectiveness of guided inquiry learning model with edmodo assisted to facilitate critical thinking skills. Prisma Sains: Jurnal pengkajian ilmu dan pembelajaran Matematika dan IPA, IKIP Mataram, vol.9 no.2, pp.204-219, 2021.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
A. Widarti, Kemampuan Koneksi Matemati dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa. Skripsi. Jombang: STKIP PGRI Jombang, 2013.
Yuhasrianti, Pendekatan Realistik Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang, vol. 1 no. 1, 2012.
T. Tarjo, Metode penelitian sistem 3x baca. Yogyakarta: Depublish, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Mathematics Education and Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work