Analisis Literasi Matematika Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gaya Belajar
Abstract View: 340, PDF Download: 247DOI:
https://doi.org/10.32665/james.v5i1.376Keywords:
Literasi Matematika, Gaya Belajar, Aritmatika Sosial, Mathematical Literacy, Learning Style, Social ArithmeticAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kemampuan Literasi Matematika (KLM) siswa pada materi Aritmatika Sosial berdasarkan kategori KLM dan gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data mengunakan angket untuk mengetahui gaya belajar siswa, dan soal tes kemampuan literasi matematika. Teknik analis data meliputi tahapan pengurangan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) skor rata-rata siswa untuk kategori KLM tinggi sebesar 91,4 %, KLM sedang sebesar 55,0 %, KLM rendah sebesar 35,1 %; 2) skor rata-rata KLM siswa dengan gaya belajar auditori sebesar 60,8%, KLM siswa dengan gaya belajar kinestetik sebesar 60,2%, dan KLM siswa dengan gaya belajar kelompok sebesar 60,6%. Siswa dengan gaya belajar auditori dan KLM tinggi dapat menjawab soal nomor 1, 2, 3, 4, dan 6 dengan tepat. Siswa dengan gaya belajar kinestetik dan KLM tinggi dapat menjawab soal nomor 1 dan 6 dengan tepat. Siswa dengan gaya belajar kelompok pada KLM tinggi dapat menjawab soal nomor 1, 3, 5, dan 6 dengan tepat.
References
A. Hanun, A. Mujib, and Firmansyah, “Literasi Matematis Siswa Menggunakan Etnomatematika Gordang Sambilan,” J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 173–184, 2020.
A. F. Purwanti, Mutrofin, and R. Alfarisi, “Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa,” J. Ilmu Pendidik. Sekol. Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 40–57, 2021.
F. Indrawati, “Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0,” Pros. Semin. Nas. Sains, vol. 1, no. 1, pp. 382–386, 2020.
K. Y. Noviana and B. Murtiyasa, “Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP,” JNPM (Jurnal Nas. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 195–211, 2020.
I. K. Qadry, A. Dassa, and N. Aynul, “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space And Shape pada Kelas IX SMP Negeri 13 Makassar,” J. Mat. dan Apl., vol. 2, no. 2, pp. 78–92, 2022.
L. M. Saija, “Analisis Terhadap Gaya Belajar Siswa Sekolah Menengah Di Bandung,” J. Padegogik, vol. 3, no. 1, pp. 57–70, 2020.
Y. Chania, M. Haviz, and D. Sasmita, “Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai,” J. Sainstek, vol. 8, no. 1, pp. 77–84, 2020.
J. M. REID, “The Learning Style Preferences of ESL Students,” Tesol Q., vol. 21, no. 1, pp. 87–110, 1987.
M. Syawahid and S. Putrawangsa, “Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar,” J. Tadris Mat., vol. 10, no. 2, pp. 222–240, 2017.
Edimuslim, S. Edriati, and A. Mardiyah, “Analisis Kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA,” Suska J. Math. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 95–110, 2019.
Ahyansyah, “Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Belajar,” Pros. Semin. Nas. Lemb. Penelit. dan Pendidik. Mandala, pp. 78–87, 2019.
P. E. I. Nuurjannah, W. Amaliyah, and A. Y. Fitrianna, “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat,” J. Math Educ. Nusant., vol. 4, no. 1, pp. 15–27, 2018.
R. Masfufah and E. A. Afriansyah, “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 2, pp. 291–300, 2021.
A. P. Warni, “Analisis Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan Siswa Kelas V SDN Darungan 01 Lumajang,” Repos. Univ. Jember, 2020, [Online]. Available: https://repository.unej.ac.id.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Mathematics Education and Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work