Analisis Literasi Matematika Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gaya Belajar

Abstract View: 340, PDF Download: 247

Authors

  • Agustina Kore Universitas Advent Indonesia
  • Sonya Fanny Tauran Universitas Advent Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32665/james.v5i1.376

Keywords:

Literasi Matematika, Gaya Belajar, Aritmatika Sosial, Mathematical Literacy, Learning Style, Social Arithmetic

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kemampuan Literasi Matematika (KLM) siswa pada materi Aritmatika Sosial berdasarkan kategori KLM dan gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data mengunakan angket  untuk mengetahui gaya belajar siswa, dan soal tes kemampuan literasi matematika. Teknik analis data meliputi tahapan pengurangan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) skor rata-rata siswa untuk kategori KLM tinggi sebesar 91,4 %, KLM sedang sebesar 55,0 %, KLM rendah sebesar 35,1 %; 2) skor rata-rata KLM siswa dengan gaya belajar auditori sebesar  60,8%, KLM siswa dengan gaya belajar kinestetik sebesar  60,2%, dan KLM siswa dengan gaya belajar kelompok sebesar  60,6%. Siswa dengan gaya belajar auditori dan KLM tinggi  dapat menjawab soal nomor 1, 2, 3, 4, dan 6 dengan tepat. Siswa dengan gaya belajar kinestetik dan KLM tinggi dapat menjawab soal nomor 1 dan 6 dengan tepat. Siswa dengan gaya belajar kelompok pada KLM tinggi dapat menjawab soal nomor 1, 3, 5, dan 6 dengan tepat.

References

A. Hanun, A. Mujib, and Firmansyah, “Literasi Matematis Siswa Menggunakan Etnomatematika Gordang Sambilan,” J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 173–184, 2020.

A. F. Purwanti, Mutrofin, and R. Alfarisi, “Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa,” J. Ilmu Pendidik. Sekol. Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 40–57, 2021.

F. Indrawati, “Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0,” Pros. Semin. Nas. Sains, vol. 1, no. 1, pp. 382–386, 2020.

K. Y. Noviana and B. Murtiyasa, “Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP,” JNPM (Jurnal Nas. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 195–211, 2020.

I. K. Qadry, A. Dassa, and N. Aynul, “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space And Shape pada Kelas IX SMP Negeri 13 Makassar,” J. Mat. dan Apl., vol. 2, no. 2, pp. 78–92, 2022.

L. M. Saija, “Analisis Terhadap Gaya Belajar Siswa Sekolah Menengah Di Bandung,” J. Padegogik, vol. 3, no. 1, pp. 57–70, 2020.

Y. Chania, M. Haviz, and D. Sasmita, “Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai,” J. Sainstek, vol. 8, no. 1, pp. 77–84, 2020.

J. M. REID, “The Learning Style Preferences of ESL Students,” Tesol Q., vol. 21, no. 1, pp. 87–110, 1987.

M. Syawahid and S. Putrawangsa, “Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar,” J. Tadris Mat., vol. 10, no. 2, pp. 222–240, 2017.

Edimuslim, S. Edriati, and A. Mardiyah, “Analisis Kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA,” Suska J. Math. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 95–110, 2019.

Ahyansyah, “Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Belajar,” Pros. Semin. Nas. Lemb. Penelit. dan Pendidik. Mandala, pp. 78–87, 2019.

P. E. I. Nuurjannah, W. Amaliyah, and A. Y. Fitrianna, “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat,” J. Math Educ. Nusant., vol. 4, no. 1, pp. 15–27, 2018.

R. Masfufah and E. A. Afriansyah, “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 2, pp. 291–300, 2021.

A. P. Warni, “Analisis Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan Siswa Kelas V SDN Darungan 01 Lumajang,” Repos. Univ. Jember, 2020, [Online]. Available: https://repository.unej.ac.id.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

[1]
A. . Kore and S. F. Tauran, “Analisis Literasi Matematika Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gaya Belajar”, JaMES, vol. 5, no. 1, pp. 63–72, Apr. 2022.
Abstract View: 340, PDF Download: 247