Pemahaman Konsep Statistika Siswa Berdasarkan Teori APOS: Studi Kasus Kelas X MIPA
Abstract View: 235, PDF Download: 185DOI:
https://doi.org/10.32665/james.v5i1.350Keywords:
Pemahaman Konsep Matematika, Teori APOS, Kemampuan Matematika Sedang, Understanding Mathematics Concept, APOS Theory, Medium Mathematics SkillsAbstract
Pemahaman konsep matematika yang minim, menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika. Untuk dapat memahami materi dan dapat menyelesaikan masalah matematika maka siswa harus mampu menguasai konsep-konsep yang ada dalam matematika serta mampu untuk menerapkan konsep-konsepnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa SMA berdasarkan teori APOS dengan kemampuan matematika sedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah dua siswa SMA Muhammadiyah 3 Tulangan kelas X MIPA 3 yang mempunyai kemampuan matematika sedang. Pengambilan kedua subjek didasarkan pada hasil tes kemampuan matematika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes: (1) tes kemampuan matematika (2) tes pemahaman konsep matematika dan metode wawancara. Keabsahan data penelitian diperoleh dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika berdasarkan teori APOS pada siswa berkemampuan matematika sedang hanya memenuhi satu indikator pemahaman konsep matematika yaitu, menyatakan ulang sebuah konsep dan hanya melalui satu tahapan teori APOS yaitu, tahap Aksi. Pada siswa dengan kemampuan matematika sedang tidak memenuhi indikator mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika (tabel, grafik, atau diagram), dan menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu. Selain itu, juga tidak melalui tahapan Proses, Objek, dan Skema.
References
M. Afrilianto, “Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking Infinity,” Infinity Journal, vol.1, no.2, pp.193-195, 2012.
C. F. Tafrilyantoo, Profil Berpikir Relasional Siswa SMA Dalam Memecahkan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent, Jurnal Sigma. Vol. 2, no. 1, pp. 5-12, 2016.
M. Asiala, A. Brown, D. J. DeVries, D. Mathews, and K. Thomas, “A framework for research and curriculum development in undergraduate mathematics education,” In Research in collegiate mathematics education, 1996.
A. Roikhaeni, “Pendekatan M-APOS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis serta habits of taking responsible risk matematika siswa,” Tesis, PPs UPI, 2014.
E. Dubinsky, and M. A. McDonald, “APOS: A Constructivist Theory of Learning in Undergraduate Mathematics Education Research,” The Teaching and Learning of Mathematics at University Level, pp. 275-282, Springer, Dordrecht, 2001.
Mulyono, “Teori APOS dan implementasinya dalam pembelajaran,” 2011.
Dubinsky, Ed, “Using a Theory of Learning in College Mathematics Course,” (Online), http: //www.bham.ac.uk/ctimath/Talum12.htm or http:/www.telri ac.uk/, 2000.
L. Nurdin, “Analisa Pemahaman Siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tentang Barisan dan Deret Berdasarkan Teori APOS,” Doctoral dissertation, Thesis, 2005.
I. Arnawa, “Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memvalidasi bukti pada aljabar abstrak melalui pembelajaran berdasarkan teori APOS,” Jurnal Matematika & Sains, vol.14 no.2, pp.62-68, 2010.
D. F. Rosalia, “Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Turunan Berdasarkan Teori APOS Pada Siswa Kelas XII MIA-1 SMAN 2 Makassar,” Makassar: Universitas Negeri Makassar, 2019.
U. Leron, and E. Dubinsky, “An abstract algebra story”, The American Mathematical Monthly, Vol. 102 No.3, pp.227-242, 1995.
Lestari and Yudhanegara, “Penelitian Pendidikan Matematika,” PT. Refika Aditama, Bandung, 2015.
D. Carlson, “The teaching and learning of tertiary algebra,” In The Future of the Teaching and Learning of Algebra The 12 th ICMI Study, pp. 293-309, Springer, Dordrecht, 2004.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Mathematics Education and Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work