Pengaruh Respon Siswa dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Abstract View: 300, PDF Download: 259DOI:
https://doi.org/10.32665/james.v5i1.296Keywords:
Respon Siswa, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, Hasil Belajar Matematika, Student Response, Online Learning, Covid-19 Pandemic, Mathematics Learning OutcomesAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh respon siswa dalam pembelajaran daring dimasa Pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 2 Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Baubau. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Baubau berjumlah 335 siswa. Sampel penelitian diambil berdasarkan tabel jumlah sampel Krejcie dan Morgan (1970) yaitu berjumlah 180 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner dan tes hasil belajar siswa. Hasil analisis pada uji-t dengan nilai signifikan sebesar 0,366 > 0,05 dan nilai t sebesar 0,907 menyatakan bahwa tidak ada pengaruh respon siswa terhadap pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 2 Baubau. Dapat dikatakan respon siswa tidak berpengaruh terhadap hasil belajar. Dengan demikian hipotesis H0 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh respon siswa terhadap pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 2 Baubau.
References
D. Yatimah, Landasan Pendidikan, 1st ed. Jakarta: CV. Alumgadan Mandiri, 2017.
M. Sulistyorini and Fathurrohman, Buku & Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional, 1st ed. Yogyakarta: Teras, 2012.
U. F. R. Rahmawaty, “Pendidikan di Masa Covid-19 Pengantar,” 2020, p. 16.
D. Darmansyah, Bahan Ajar Strategi Pembelajaran. Padang, 2012.
Purniawan and W. Sumarni, “Analisis Respon Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19,” Semin. Nas. Pascasarj. UNNES, 2020.
H. N. Arifin, “Respon Siswa Terhadap Pembelajaran dalam Jaringan Masa Pandemi COVID-19 di Madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan,” Widya Balina, vol. 5, no. 1, 2020, doi: 10.53958/wb.v5i1.47.
Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindi Persada, 2002.
P. A. Partanto and M. D. Al-Barry, Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola, 1994.
B. Baharuddin, Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2009.
W. Soemanto, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
F. W. Kusuma and M. N. Aisyah, “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 10, no. 2, pp. 43–63, 2012, doi: 10.21831/jpai.v10i2.912.
M. Siahaan, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan,” J. Kaji. Ilm., vol. 1, no. 1, pp. 73–80, 2020, doi: 10.31599/jki.v1i1.265.
S. Slameto, Belajar & Faktor-Faktor yanga Mempengaruhinya, Jakarta. PT. Rineka Cipta, 2010.
M. Fathurrohman and C. Chotimah, Paradigma Baru Sistem Pembelajaran: Dari Teori, Metode, Model, Media, Hingga Evaluasi Pembelajaran, 1st ed. Jakarta, 2018.
W. . Allen, M.J & Yen, Introduction to Measurement Theory. California: Cole Publishing Company, 1979.
W. J. Propham, Classromm Asesment: What Teachers Need to Know. Boston: Allyn & Bacon, 1995.
A. Azis and J. Dewangga, “Efektivitas Model Pembelajaran Explicit Intruction dan Reward and Punishment ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa,” J. Akad. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, pp. 1–9, 2020, doi: 10.31219/osf.io/7xh46.
D. A. Ebel, R.L., & Frisbie, Essential of Education Measurement. New Jersey: Prentice Hall Inc., 1986.
M. F. Rusydi Ananda, Statistik Pendidikan Teori dan Praktik Dalam Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita, 2018.
S. Azwar, “Reliabilitas dan validitas edisi 4,” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
N. Y. Sufren, Mahir Menggunakan SPSS Secara Otodidak. Jakarta: Kompas Gramedia, 2013.
S. Azwar, Penyusunan Skala Psikologi, 2nd ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
A. Azis and S. Sardin, “Pengaruh Motivasi, Sikap, Minat, dan Gaya Belajar Statistik Mahasiswa Terhadap Kemampuan Menganalisis Persoalan Penelitian,” J. Akad. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, pp. 200–208, 2016, doi: 10.31219/osf.io/2xkwu.
M. Djazari, D. Rahmawati, and M. A. Nugraha, “Pengaruh Sikap Menghindari Risiko Sharing Dan Knowledge Self-Efficacy Terhadap Informal Knowledge Sharing Pada Mahasiswa Fise Uny,” Nominal, Barom. Ris. Akunt. dan Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 181–209, 2013, doi: 10.21831/nominal.v2i2.1671.
I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25, 9th ed. Semarang, 2018.
I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 19 Edisi Kelima. Semarang: Universitas Diponegoro, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Mathematics Education and Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work