PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN (PAKEM) PADA SISWA SMP PLUS AR RIDWAN SUKOREJO KABUPATEN BOJONEGORO

Abstract View: 167, PDF Download: 193

Authors

  • Abdul Basith Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • Sahri Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

Keywords:

Menulis karangan deskripsi, Pembelajaran Aktif, kreatif dan menyenagkan, SMP Ar Ridwan Al Maliky Bojonegoro

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian tentang bagaimana meningkatkan kompetensi
menulis karangan deskripsi dengan pendekatan pembelajaran aktif kreatif efektif Pada Siswa. Sehubungan dengan itu, peneliti melakukan penelitian terhadap kemampuan menulis siswa khsususnya menulis karangan deskripsi dengan mengunakan metode PAKEM.
Penelitian dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Aktif Kreatif
Menyenangkan merupakan konsep belajar yang menggunakan berbagai media dan alat
pembantu pembelajaran. Pembelajaran harus berpusat pada siswa, siswa harus lebih dominan dan aktif serta terlibat sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran tidak harus dilaksanakan di dalam kelas tapi bisa juga dilaksanakan di luar kelas. Dalam hal ini Keaktifan dan kekreatifan siswa akan sangat terlihat. Tidak sekadar aspek kognitif dan psikomotorik saja yang cenderung dilibatkan dalam pendekatan PAKEM, tapi juga aspek afektif. Dengan demikian, pengetahuan yang diperoleh siswa pun akan lebih
bermakna.Sampel dari jumalah dan karakteristik yang dimiliki ada sekitar 50 siswa mulai,
dari kelas VII sampai IX untuk dinilai.

References

Akhadiah, Sabarti, dkk.. 1996. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:

Erlangga.

Agung, A. A. G. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif. Singaraja: Undiksha.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Aziez, Furqanul dan A. Chaedar Alwasilah. 2000. Pengajaran Bahasa Komunikatif Teori dan praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dasmawarti, Silvia. 2005. Efektivitas Pembelajaran Aktif Kreatif Menyenangkan (PAKEM)

dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV

SD TAhun Ajaran 2004/2005. Skripsi. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Linguistik Edisi Ketiga. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dewi, S.K., Efektivitas E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Tik Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Depok. 2011. (Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta)

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ed. 3,Jakarta : Balai Pustaka, 2001.

Jomah, Omer, dkk. 2016. Micro Learning: A Modernized Education System. Journal Broad Research in Artificial Intelligence and Neuroscience. Vol. 7, No. 1 (2016). Dalam https://www.edusoft.ro/brain/index.php/brain/article/ download/582/627. Diunduh pada tanggal 18 Februari 2020.

Mulyati, Yeti, dkk.. 1999. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Nurhadi. 1990. Tata Bahasa Pendidikan Landasan Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa.

Semarang: IKIP Semarang Press.

Nurjanah, Nunuy. 2005. Penerapan Model Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran

Menulis Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya: Edisi

April 2005.

Prawiradilaga, D. S. 2015. Prinsip Desain Pembelajaran (Instructional Design Principles). Jakarta: Prenada Media.

Tarigan, Djago. 2003. Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan

Univeritas Terbuka.

Tarigan, Djago dan H.G. Tarigan. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa Bandung.

Tarigan, Henry Guntur. 1993. Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:

Angkasa.

Soegoto, Soeryanto, Eddy, Entrepreneurship Menjadi Pembisnis Ulung, Jakarta : PT. Elex Media komutindo Kompas Gramedia, 2009.

Sood, Isha. 2018. Microlearning Research: What, How, When. Dalam https://elearningindustry.com/microlearning-research-what-how-when. Diakses pada tanggal 18 Februari 2020.

Downloads

Published

2021-12-22

How to Cite

Basith, A., & Sahri. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN (PAKEM) PADA SISWA SMP PLUS AR RIDWAN SUKOREJO KABUPATEN BOJONEGORO. JEC (Journal of Education and Counseling), 3(2), 1–12. Retrieved from https://journal2.unugiri.ac.id/index.php/JEC/article/view/359
Abstract View: 167, PDF Download: 193