MELALUI KEGIATAN WRITING DAILY ACTIVITIES UPAYA UNTUK PENGUASAAN SIMPLE PRESENT TENSE PADA MAHASISWA
Abstract View: 150, PDF Download: 437Keywords:
Writing Daily Activities, Penguasaan Simple Present Tense, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan penguasaan Simple Present
Tense melalui kegiatan writing daily activities pada mahasiswa TI Universitas
NU Sunan Giri Bojonegoro.
Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiwa TI Universitas NU Sunan Giri
Bojonegoro. Subjek dari penelitian ini adalah berjumlah 48 mahasiswa,
alasan penelitian ini dilakukan di kelas tersebut karena sebagian besar
mahasiswanya kurang menguasai Simple Present Tense.
Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus yang didasarkan
dari identifikasi masalah yang dihadapi oleh guru, penyusunan rencana
tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi. Rangkaian
kegiatan mulai dari perencanaan tindakan sampai dengan refleksi disebut satu
siklus penelitian. Jika dalam sebuah siklus ditemukan suatu masalah yang
menghambat tercapainya tujuan Penelitian Tindakan Kelas, maka peneliti harus
mengidentifikasi, menganalisis, dan merumuskan masalah tersebut, Kemudian
peneliti dapat melakukan penelitian lebih lanjut pada siklus berikutnya. Jika
dalam refleksi pada siklus tertentu tidak ditemukan kendala dan tujuan
Penelitian Tindakan Kelas telah tercapai, maka penelitian dapat dihentikan.
References
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Untuk: Guru. Bandung: CV. Yrama
Widya.
Azar, Betty Schrampfer. 1941. Fundamentals of English Grammar Second Edition.
New Jersey: Regents/Prentice Hall.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi
Kedua. 1996. Jakarta: Balai Pustaka
Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta:
PT RajaGrafindo Persada.
Ismail, Achmad Isa. 2000.”Kemampuan Membentuk Kata Benda Jamak dalam
Bahasa Inggris Siswa Kelas IIAK-1 dan Kelas IISK-1 SMK Pawiyatan
Surabaya”. Skripsi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Jami’an. 2009. “Peningkatan kemampuan Menulis Teks Deskriptif Bahasa Inggris
Melalui Penilaian Portofolio Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Masalikil
Huda Jepara Tahun Ajaran 2008/2009”. Skripsi, Universitas Veteran Bangun
nusantara Sukoharjo.
Kartikasari, Laili. 2008. “Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi dengan
Media VCD Berita Televisi pada Siswa Kelas X Penjualan 1 SMK Batik 2
Surakarta”. Skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Kasbollah, Kasihani. 2001. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Penerbit
Universitas Negeri Malang.
Keraf, Gorys. 1982. Fungsi Bahasa. Ende Flores: Nusa Indah
Kurikulum 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP/MTs.
Jakarta: Puskur, Balitbang, Depdiknas.
Masdin. 2009. Simple Present Tense, (online), (http://englishonline.blogdetik.com
diakses 22 Juli 2010)
Sukardi, dan Anton Sukarno. 2000. Dasar-Dasar Penilaian Pendidikan. Surakarta:
CV. Massa Baru.
Surayin. 1999. Perfect English Grammar. Bandung: CV. Yrama Widya.