Pelatihan Qur-Any 2 Untuk Meningkatkan Kemampuan Terjemah Al-Qur’an Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Ngaglik Kasiman

Abstract View: 50, PDF Download: 30

Authors

  • ULVA BADI' UNUGIRI BOJONEGORO
  • Ririn fauziyah
  • M. Iqbal Tawakkal

DOI:

https://doi.org/10.32665/padimas.v2i2.2371

Keywords:

Pelatihan, Qur-any, Terjemah , Perkata, Al-Qur’an

Abstract

Al-Qur’an merupakan pedoman umat Islam yang berlaku sepanjang zaman. Maka sudah menjadi keharusan mempelajari Al-Qur’an sejak dini, baik dari baca, tulis, terjemah, dan tafsir Al-Qur’an. Banyak metode dikembangkan untuk meningkatkan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Beberapa metode dikembangkan untuk sampai pada pembelajaran terjemah Al-Qur’an. Hal ini dikarenakan untuk anak jenjang usia PAUD, SD, MI sudah dibekali dengan kemampuan baca tulis Al-Qur’an. Sedangkan untuk kemampuan terjemah Al-Qur’an masih tergolong rendah. Banyak anak yang sudah bisa baca tulis Al-Qur’an, akan tetapi untuk kemampuan menerjemahkan masih kurang. Maka pelatihan untuk terjemah ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kompetensi memahami terjemah perkata Al-Qur’an. Tujuan Pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi terjemah Al-Qur’an siswa. Metode yang digunakan adalah pendampingan pada saat pelatihan terjemah Al-Qur’an. Hasil Pelatihan siswa sangat antusias mengikuti pelatihan Qur-any 2, siswa memiliki bekal hafalan kosa-kata  dasar  untuk menerjemahkan Al-Qur’an. Beberapa kendala yang dihadapi yaitu waktu yang tersedia sangat terbatas.            

Kata Kunci: Pelatihan, Qur-any, Terjemah, Perkata, Al-Qur’an.

References

Rohmawati, U.B (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Santri Dalam Memahami Terjemah Perkata Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo Jombang. At-Tuhfah, 38.

Siregar, Imran. (2009). KemampuanMembaca dan Memahami Al Qur`An: Tantangan bagi Pendidik an Islam. Jurnal Penamas, Volume XXII Nomor 1, 35.

Ata, Kasim. (2009). Peran Pusat Studi dan Dakwah Islam Mahasiswa (Pusdam Al Shahwah) Sleman dalam Peningkatan Mutu Bacaan Al Qur`An Tahun 2006-2007. Skripsi, Universitas Muhamadiyah Surakarta, p. 2

Kamil, M. (2010). Model Pendidikan Dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta.

Mohtarom, A. M. A. (2016). Implementasi Metode Pptq Safinda Dalam Menerjemahkan Al-Qur’an Di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Sidomulyo Batu. Jurnal Al-Murabbi, 2(1), 157-176.

Unsi, B. T. (2014). Media Gambar dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 2(1), 26–44. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v2i1.18

Rohmawati, U. B. (2020). Pengembangan Ekonomi Kreatif Melalui Usaha Brostan Dan Kripik Tahu Pongsi Di Simbatan Bojonegoro. Al-Umron, 21.

Ahmadi, R. 2015. Model Terjemahan Al-Qur’an Tafsiriyah Ustad Muhammad Thalib. Jurnal CMES, 8(1), 57-69.

Hasan, M. S. R. 2021. Implementasi Pembelajaran Qur-Any 2 Dalam Peningkatan Pemahaman Terjemah Al-Qur’an Perkata Di Mts Al-Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 112-122.

Furoidah, A. 2020. Media Pembelajaran dan Peran Pentingnya dalam Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 2(2), 63-77.

Downloads

Published

2023-11-30
Abstract View: 50, PDF Download: 30