GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DALAM MENGEMBANGKAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
(Studi Kasus di MTsN Tuban dan MTs Salafiyah Merakurak Tuban)
Abstract View: 158, PDF Download: 177DOI:
https://doi.org/10.32665/attuhfah.v9i2.641Keywords:
Gaya Kepemimpinan, Kepala sekolah Perempuan, Lembaga Pendidikan IslamAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan untuk mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam di dua lembaga Pendidikan Islam di kabupaten Tuban yaitu MTsN Tuban dan MTs Salafiyah Merakurak Tuban dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini meliputi dua masalah yaitu Bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam ditinjau dari pengembangan sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan gaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan di MTsN Tuban menggunakan gaya kepemimpinan demokratis religius dan di MTs Salafiyah Merakurak Tuban menggunakan gaya kepemimpinan situasional. Gaya tersebut dapat dilihat dari komunikasi, partisipasi dan motivasi yang dilakukan oleh kepala sekolah perempuan dalam mempengaruhi setiap anggota dalam organisasi untuk mencapai tujuan lembaga. Pengembangan sumberdaya manusia di dua sekolah dilakukan melalui 1)Rekrutmen 2) Kompensasi 3)Pelatihan dilakukan dengan cara pendelegasian sesuai dengan kebutuhan pelatihan 4) Promosi jabatan dengan cara melakukan putaran dan penilaian dari kinerja.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 AT-TUHFAH: JURNAL STUDI KEISLAMAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.