Analisis Penerapan Program Customer Reward Menggunakan K-Means

Abstract View: 31, pdf Download: 22

Authors

  • Mula Barata Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Dwi Tiyas Novitasari Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Dwi Issadari Hastuti Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Novia Nur Rochmatin Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Mochammad Arifuddin Muzakka Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Putri Andiyani Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.32665/almantiq.v4i1.2698

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis konsumen untuk memberikan program reward berdasarkan kepuasan dan loyalitas mereka dalam pusat perbelanjaan [Mall]. Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data, kemudian menganalisis hasilnya menggunakan metode clustering yang relevan. Analisis regresi menunjukkan hubungan yang kuat antara variabel-variabel tersebut, dan penelitian ini memberikan bukti kuat untuk pusat perbelanjaan [mall] dan perusahaan sejenis, supaya menggunakan metode ini untuk meningkatkan kepuasan pelanggan mereka. Hasil ini dapat membantu perusahaan dalam merancang strategi reward yang lebih efektif dan sesuai dengan preferensi konsumen. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur tentang manajemen customer dan strategi pemasaran dengan menyelidiki peran mereka dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas . Implikasi praktis dari penelitian ini dapat membantu perusahaan untuk memaksimalkan manfaat dari investasi mereka dalam program reward, dengan memastikan bahwa program tersebut tidak hanya menarik bagi customer tetapi juga efektif dalam menciptakan loyalitas jangka panjang.

Downloads

Published

02/03/2024

How to Cite

Barata, M., Novitasari, D. T. N., Hastuti, D. I., Rochmatin, N. N., Muzakka, M. A., & Andiyani, P. (2024). Analisis Penerapan Program Customer Reward Menggunakan K-Means. Multidisciplinary Applications of Quantum Information Science (Al-Mantiq), 4(1), 18–20. https://doi.org/10.32665/almantiq.v4i1.2698
Abstract View: 31, pdf Download: 22