PELATIHAN PENGOLAHAN STIK REBUNG SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA PANDANWANGI
Abstract View: 115, PDF Download: 109DOI:
https://doi.org/10.32665/alumron.v3i1.738Keywords:
Pengolahan, Stik Rebung, Pengemasan, Manual marketing and digital marketingAbstract
Pandanwangi merupakan desa yang terletak di kecamatan Soko kabupaten Tuban, yang berada di bantaran dan sebagian dibatasi dengan bengawan solo. Desa Pandanwangi memiliki luas sekitar 261,5 ha dan didominasi oleh lahan pertanian dengan luas 192 ha. Kepadatan jumlah penduduk mencapai 3.190 jiwa dengan rincian 1.664 laki-laki dan 1.526 perempuan. Desa pandanwangi yang didominasi oleh lahan pertanian memiliki sumber daya alam yang cukup. Akan tetapi dengan minimnya pengetahuan serta Pendidikan yang dimiliki oleh masyarakat sehingga sumber daya alam yang tengah tersedia belum mampu dioptimalkan dalam pengolahannya. Berdasarkan hasil observasi, terdapat banyak sumber daya alam salah satunya adalah rebung yang tumbuh diberbagai tempat. Pada mulanya rebung hanya dimanfaatkan untuk pembuatan lauk tanpa adanya pengolahan lain yang lebih kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, sangat penting dilakukan pelatihan di berbagai bidang mulai dari pengolahan, branding, sampai dengan pemasaran produk secara manual dan juga secara digital. Metode yang diterapkan dalam program pengabdian masyarakat ini adalah metode ABCD (Asset Based Community Development). Harapan dari pelatihan ini adalah menjadikan masyarakat lebih kreatif dalam pengolahan sumber daya yang ada ada sehingga mampu memberikan peluang peningkatan ekonomi masyarakat desa Pandanwangi di masa pandemic ini. Kegiatan pelatihan ini melibatkan berbagai mitra antara lain adalah pemerintah desa setempat, karang taruna, Gerakan PKK, serta masyarakat. Hasil dari kegiatan pendampingan ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan kreativitas masyarakat yang dibuktikan dengan pengolahan rebung menjadi stik rebung yang dikemas dengan menarik serta pemberian branding Stik Rebung Desa Pandanwangi serta pemasaran produk yang lebih luas melalui manual marketing ataupun digital marketing.