EFISIENSI DISPLAY KELAS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA TARBIYATUL ISLAM SOKO TUBAN
Abstract View: 34, pdf Download: 16DOI:
https://doi.org/10.32665/abata.v4i1.2805Keywords:
Display Kelas, Anak Usia Dini, Kemampuan membacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas display kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di RA Tarbiyatul Islam Desa Sokosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental, jumlah sampel yang terlibat adalah 21 anak. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis untuk menentukan pengaruh signifikan dari display kelas terhadap kemampuan membaca anak dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun setelah penerapan display kelas. Sebelum penerapan, skor rata-rata kemampuan membaca adalah 37, sedangkan setelah penerapan, skor meningkat menjadi 61,30. Temuan ini menegaskan bahwa display kelas efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun. Implikasinya, penggunaan display kelas dapat menjadi strategi yang berharga dalam pendidikan anak usia dini untuk mencapai hasil pembelajaran yang lebih optimal.
References
Fajarrini, Arsyia, and Aji Nasrul Umam. "Dampak Fatherless Terhadap Karakter Anak Dalam Pandangan Islam." Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3.1 (2023): 20-28.
Aprilliany, Dewi, Efektivitas Bermain Dadu Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Aud Di Kelompok A Tk Negeri Sanu Atap Dawuan Desa Dawuan Kecamatan Tengah Tani Kabupaten Cirebon, 2019.
Aris Priyanto. "Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain, Journal Uny Ac Id, 2019.
ASIAH NUR. 'Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini Dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar Di Bandar Lampung". Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 5.1 (2018), 19.
Aswat, Hajratul. Dkk 2019. "Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar" INA-Rxiv
Chatib, Munif dan Fatimah, Irma Nurul. 2013. Kelasnya Manusia: Memaksimalkan Fungsi Otak Belajar Dengan Manajemen Display Kelas Bandung: Kaifa
Chatib, Munif, Kelasnya Manusia Memaksimalkan Otak Belajar Dengan Manajemen Display Kelas, 2015
Defi Putri Tsani, 'Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Kelompok A Ra Budi Mulyapedurungan Semarang Tahun Ajaran 2018/2019', 2019.
Falah, R. Z. (2019). Nilai-Nilai Estetika Dalam Penataan Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini Di Kabupaten Kudus. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(1), 65. https://doi.org/10.21043/thufula.v7i1.4839
Inten, D. N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 109–120. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2712Falah, R. Z. (2019). Nilai-Nilai Estetika Dalam Penataan Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini Di Kabupaten Kudus. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(1), 65. https://doi.org/10.21043/thufula.v7i1.4839
Inten, D. N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 109–120. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2712
Muflikha, E. S. (2013). Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Media Tutup Botol Hias Di Paud Kenanga I Kabupaten Pesisir Selatan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 18. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.1450
Paujiah, T. S., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Peran Lingkungan Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Serta Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(1), 103–122. https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.821
Rika Widhi Rahayu, F., & Dwi Wardhani, J. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak dengan Menggunakan Media Kartu Suku Kata Bergambar. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 688–698. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.375
Syarifuddin. (2021). WORKSHOP DISPLAY KELAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PELAJARAN IPS SE-KECAMATAN LAMPIHONG. DEDIKASI JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1, 11–17.
Tsani, Defi Putri, "Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Kelompok A Ra Budi Mulyapedurungan Semarang Tahun Ajaran 2018/2019, 2019
Ulfa, Lutfiatuz Zahrotul. Implementasi Metode Suku Kata Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Mamba'ul Hisan Surabaya, Bussiness Law Binus, 7.2 (2020), 33-48
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.