BING AND VLOG IS VERY NICE: DEVELOPMENT OF ICT AND USEFULNESS IN ISLAMIC LEARNING IN EARLY CHILDREN
Abstract View: 60, pdf Download: 43DOI:
https://doi.org/10.32665/abata.v3i2.2247Keywords:
ICT; , LEARNING;, ISLAMIC KINDERGARTENAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengembangan ICT serta kebermanfaatannya di TK Ibrah Malaysia. ICT ini dikembangkan untuk pembelajaran dan perkembangan bahasa. Pemanfaatan ICT telah disesuaikan dengan kurikulum di TK Ibrah agar target RPH tercapai, karena TK Ibrah adalah TK full day semi daycare sehingga pembelajaran bahasa dirasa penting karena komunikasi tersebut digunakan sehari-hari. TK Ibrah Malaysia menggunakan bilingual Melayu dan Inggris, maka dari itu perkembangan bahasa anak harus diperhatikan untuk komunikasi sehari-hari. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan milik Borg and Ghall yang memiliki 10 langkah, namun hanya ditempuh hanya 7 langkah sesuai dengan petunjuk Ardhana. Uji coba kecil dilakukan dengan melibatkan 6 orang anak dan uji coba besar dilakukan dengan melibatkan 35 anak. Teknik pengambilan data adalah kualitatif dan kuantitatif. Data yang diambil adalah keamanan ICT, mudah dilakukan dan menyenangkan untuk anak. Hasil dari penelitian ini bahwa ICT sangat membantu baik guru dan anak untuk proses belajar mengajarnya, perkembangan bahasa anak juga terbantu dengan adanya ICT ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ICT dapat digunakan namun harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat usia anak.
References
Aksoy, P., & Baran, G. (2020). The effect of story telling-based and play-based social skills training on social skills of kindergarten children: An experimental study. Egitim Ve Bilim, 45(204) Retrieved from https://www.proquest.com/scholarly-journals/effect-story-telling-based-play-social-skills/docview/2462599564/se-2
Anonimous. (2020). What Is the Difference Between Skinner and Bandura?. (online) https://www.reference.com/world-view/difference-between-skinner-bandura-e1ae5a42d38a09cd. Diakses tanggal 23 Januari 2019
Anderson Jona K. (2010). The Importance of Play in Early Childhood Develop-
ment. Bozeman: Extension, (Online), (http://store.msuextension.org/publi-
cations/HomeHealthandFamily/MT201003HR.pdf), diakses 3 Februari 2014
Chen, H.; Liu, F.; Wen, Y.; Ling, L.; Gu, X. (2021). Compilation and application of the scale of sustainable knowledge sharing willingness in virtual academic community during the times of the coronavirus pandemic (COVID-19). Front. Psychol.; 12, 627833. [DOI: https://dx.doi.org/10.3389/fpsyg.2021.627833] [PubMed: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/34335355]
Fikri, M. Tsaqibul dan Hidayah. (2021). Pengaruh Blended Learning Berbasis Cooperative Learning Pada Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. ABATA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. (online) https://journal.unugiri.ac.id/index.php/abata/article/view/233
Gordon, Ann Miles dan Kathryn Williams Browne. (2011). Beginnings and
Beyond. Foundations in Early Childhood Education. America: Delmar
Publishers inc.
Hou, H.; Dinyanyikan, Y.; Chang, KW. (2009). Menjelajahi pola perilaku kegiatan diskusi berbagi pengetahuan online antar guru dengan strategi pemecahan masalah. Mengajar. Mengajar. Mendidik. ; 25 , hal.101-108. [DOI: https://dx.doi.org/10.1016/j.tate.2008.07.006]
Kibirige, I. (2023). Primary teachers’ challenges in implementing ICT in science, technology, engineering, and mathematics (STEM) in the post-pandemic era in uganda. Education Sciences, 13(4), 382. doi:https://doi.org/10.3390/educsci13040382
Montesori, M. Tanpa Tahun. Metode Montesori. Terjemah Gutex, Gerald Lee.
(2013). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
McLeod, Saul. (2009). Developmental Psychology Peaget. (on line),
(http://www.simplypsychology.org/piaget.html), diakses 18 Oktober 2016
Noorlailah, Iva. (2010). Panduan Mengajar Lengkap Pendidikan Anak Usia Dini.
(Cahyono. Achmad, Ed) Jakarta: Pinus Book Publisher.
Papandreou, Maria. (2009). Preschoollers Semiotic Activity: Additive Problem Solving And The Representation of Quantity. Proceedings of the 33rd Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (Online) 1(4): 4---321- 4---328 (https://www.researchgate.net/
publication/260713545_PRESCHOOLERS'_SEMIOTIC_ACTIVITY_
ADDITIVE _PROBLEM-SOLVING_AND_THE_REPRESENTATION _OF_QUANTITY), diakses 27 Juli 2014
Puspita, D.; Hubeis, A.V.S.; Muljono, P.(2022). Factors affecting knowledge sharing behavior in the virtual teacher community “Duta rumah belajar”. Al-Ishlah; 14, pp. 3185-3198. [DOI: https://dx.doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.906]
Schneider, P., & Rita Vis Dubé. (2005). Story presentation effects on children's retell content. American Journal of Speech - Language Pathology, 14(1), 52-60. Retrieved from https://www.proquest.com/scholarly-journals/story-presentation-effects-on-childrens-retell/docview/204279634/se-2
Santrock, John W. (2014). Life-Span Development. Terjemah Widyasinta,
Benedictine. 2012. Jakarta: Erlangga
Sulyandari, A. K. (2019). THUFULI : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume I Nomor 1 Tahun 2019 e-ISSN: I(mei). http://riset.unisma.ac.id/index.php/thufuli/search/authors/view?firstName=Ari&middleName=Kusuma&lastName=Sulyandari&affiliation=PGRA UNISMA&country=ID
Sulyandari, A. K. (2020). Pengembangan sirkuit bongkar pasang untuk aktivitas fisik motorik kasar di lembaga prasekolah dengan lahan minimalis. Seling: Jurnal Program Studi PGRA ISSN, 6(Juli), 171–181. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/633
Wang, J.; Tigelaar, D.E.H.; Admiraal, W. (2021). Rural teachers’ sharing of digital educational resources: From motivation to behavior. Comput. Educ.; 161, 104055. [DOI: https://dx.doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104055]
Weber, A. M., & Greiff, S. (2023). ICT skills in the deployment of 21st century skills: A (cognitive) developmental perspective through early childhood. Applied Sciences, 13(7), 4615. doi:https://doi.org/10.3390/app13074615
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.