PROBLEMATIKA SARANA DAN PRASARANA DI KB NURUL JADID PANGLEGUR PAMEKASAN

Abstract View: 298, pdf Download: 330

Authors

  • Nisael Amala IAIN Madura
  • Nashihatuddiniyah IAIN Madura
  • Putri Ernawati IAIN Madura

DOI:

https://doi.org/10.32665/abata.v3i2.2237

Keywords:

Manajemen Sarana dan prasarana; , Pengelolaan lingkungan belajar, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Permasalahan pendidikan yang terjadi di Indonesia adalah masalah kurangnya sarana dan prasarana pendidikan, terutama di daerah-daerah terpencil. Hal ini dapat menimbulkan kesenjangan dalam mutu pendidikan, sehingga banyak peserta didik yang tidak bisa menikmati fasilitas sarana dan prasarana yang sama dengan peserta didik yang berada di kota. Masalah tersebut disebabkan beberapa faktor yakni kurangnya kepedulian terhadap sarana dan prasarana, bersikap acuh tak acuh terhadap sarana dan prasarana yang sudah rusak, hal tersebut perlu diatasi dengan cara memberikan dana serta merawat sarana dan prasarana dengan baik agar tetap layak digunakan. Sarana dan prasarana adalah segala fasilitas yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran, baik itu proses yang berjalan berurutan, lancar, teratur, efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan manfaat serta pengaruh sarana dan prasarana dalam hasil pembelajaran anak. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Hasil penelitian yang didapat di lembaga KB Nurul Jadid Panglegur yaitu mengalami kekurangan dalam pemenuhan sarana dan prasarana untuk penunjang kegiatan belajar anak seperti APE dalam yang dimiliki hanya ada sisa balok dan puzzle, APE luar hanya satu ayunan yang kondisinya tidak layak, dan halaman yang kecil dan dijadikan parkir motor untuk semua jenjang pendidikan dalam satu lokasi

References

Amala, Nisa’el. (2022). Pengelolaan Lingkungan Belajar di Lembaga PAUD (Vol. 1, Issue 1). Madza Media. https://books.google.co.id/books?id=BEpTEAAAQBAJ

Amala, Nisa`el ; dkk. (2022). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Islam. Media Sains Indonesia.

Anggraini, E.S., & Batubara, L. (2021). Evaluasi pemenuhan standar Minimal Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum (p. 6). http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc

H, N. S. F., & Basri, S. (2023). Problematika pemenuhan standar sarana dan prasarana dalam mendukung proses belajar mengajar di sma negeri 2 gowa. Jamp: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1, 1–10.

Hasanah. (2020). Pengaruh Manajemen Sarana dan Prasarana terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di TK Al-Fadlillah Manguwoharjo (pp. 105–112). Golden Age: Jurnal TUmbuh Kembang Anak Usia Dini. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-03.

Kurniawan, N. (2017). Pengaruh Standar Sarana Dan Prasarana Terhadap Efektivitas Pembelajaran di TK Al-Firdaus (pp. 14–26). Jurnal Warna : Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. https://doi.org/https://doi.org/10.24903/jw.v2i2.191

Kusna, S. L., & Shalikah, M. (2021). Pengaruh Ape Bowling Huruf Hijaiyyah Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyyah Anak Usia Dini. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 16–26.

Lestari, B. puji, & Amala, N. (2021). Penggunaan Media Bahan Alam untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia 5-6 Tahun. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 129–141. https://doi.org/10.33367/PIAUD.V1I2.1941

Lestari, I., Timan, A., & Sunandar, A. (2015). Manajemen Sarana dan Prasarana di Pendidikan Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan, 24(5), 376–382.

Peraturan Pemeritah. (2005). Peraturan Pemerintah tentang standar nasional pendidikan dengan pp no 19 tahun 2005. Sekretariat Negara Indonesia, 1, 1–95.

Prastyawan, P. (2016). manajemen sarana dan prasarana pendidikan (pp. 33–46). al hikmah: jurnal studi keislaman.

Puspitasari, E., Nurkholishoh, S., & Da’warul Choiro, U. (2022). Peran Permainan Tradisional Bakiak Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 142–152. https://doi.org/10.32665/abata.v2i1.340

Rismayani, R. dkk. (2021). Problematika Sarana dan Prasarana Pendidikan. JAl Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 136–149. https://doaj.org/article/1e8aebf063e94d09a7eb93f04cf4b8fd

Ucik Hidayah Binsa. (2021). Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Pelangi Anak Negri Yogyakarta. Children Advisory Research and Education Jurnal CARE, 8(2), 1–10. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Amala, N., Nashihatuddiniyah, & Putri Ernawati. (2023). PROBLEMATIKA SARANA DAN PRASARANA DI KB NURUL JADID PANGLEGUR PAMEKASAN. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 125–138. https://doi.org/10.32665/abata.v3i2.2237

Issue

Section

Articles
Abstract View: 298, pdf Download: 330