PENGENALAN MATEMATIKA PERMULAAN MELALUI PAPAN ANGKA PADA KELOMPOK A DI RA ITTIHAD LABATU
Abstract View: 241, pdf Download: 442DOI:
https://doi.org/10.32665/abata.v3i1.1382Keywords:
Matematika permulaan, Media papan angkaAbstract
Matematika permulaan sudah bisa dikenalkan pada anak usia 4-5 tahun, namun dalam pengimplemetasiannya masih banyak mendapatkan kendala. Pengenalan konsep matematika di RA Ittihad Labatu masih menggunakan media sederhana sehingga perkembangan matematika permulaan belum berkembang secara maksimal. Penggunaan media edukatif dalam meningkatkan matematika permulaan sangat berpengaruh. Bagi anak usia dini, berhitung bukan hanya menghitung deret angka saja, melai nkan sebuah proses yang menyenangkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman pada anak mengenai konsep matematika permulaan pada anak usia 4-5 melalui media papan angka. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kualitatif deskriptif, dimana penelitian dilakukan dengan turun secara langsung di lapangan untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan dalam penelitian seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di RA Ittihad Labatu yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari 9 laki-laki dan 6 perempuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media papan angka dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan matematika permulaan pada anak
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapana (ed.)). https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Ashari, N., Hasanuddin, N. W., Rasyid, D. R., Hariska, Rahmah, U. J., Kundia, S. M., Izzah, N., & Bakri, N. (2021). Pengenalan Matematika Permulaan melalui Praktek Shalat di Kelompok A RA Umdi Taqwa Parepare ( Introduction to Beginning Mathematics through Practice of Prayer in the a RA Umdi Taqwa Parepare Group ) Novita Ashari Nayla Wahdania Hasanuddin Dian Rahma Rasyi. 1(1), 28–37.
Ashari, N., Lestari, T. A., Khaeriyah, U., & Hukmi, R. (2022). Menanam Tomat Untuk Anak Kelompok B Di Paud Melati Binaan Skb Parepare Pendahuluan Definisi anak usia dini yang termuat dalam Undang-undang No . 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa anak usia dini ialah anak yang berada pada r. 167–176.
Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan Media Flashcard untuk Mengenalkan Matematika Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2008–2016. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1091
Gustina, F., & Khadijah. (2020). Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Islam Ibnu Qoyyim Medan Selayang. Awlady, Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 35–49. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady
Hajeni, M., & Rahmatia. (2022). Pengaruh Permainan Papan Hitung dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. 4. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1667
Hayuningtyas, H. (2014). Pemanfaatan Sumber Belajar Dengan Limbah Kardus Untuk Mengembangkan Konsep Matematika Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Eksperimen Di Tk Taman Indria Semarang). BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(1), 64.
Laily, A., Jalal, F., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan Kemampuan Konsep Matematika Awal Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Papan Semat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.214
Mariawati, Jauhari, A., & Raufida, Z. (2022). Peningkatan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui media benda alam pada anak usia dini. Jurnal Studi Islam Dan Ilmu Pendidikan, 10(2), 1–9.
Mirantika, V. (2020). Pengembangan Permainan Papan Pintar Angka (Papinka) untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Talang Padang Kecamatan Padang Guci Hilir Kabupaten Kaur. 1–78.
Rahayu, P., Yusnira, & Alim, M. L. (2020). Journal On Teacher Education Research & Learning in Faculty of Education Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Bermain Bowling Aritmatika Pada Anak Usia 4-5 Tahun Kelompok A TK An- Nur Ujung Padang Kampar Utara. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION, 2, 256–261.
Rahman, T., L, D. A. M., & Enita, E. (2022). Pengembangan media papan angka berpasangan untuk memfasilitasi kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun. 6(1), 127–136.
Sari, Alya, N., Mardeli, & Oktamarina, L. (2022). Pengaruh media balok cuisenaire terhadap kemampuan matematika permulaan pada anak kelompok B. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(2), 334–343. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.13251
Susi Maulida, & Umi Kaidaro. (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung 1-10 Melalui Video Animasi Pada Kelompok a Di Ra Ar Rohmah Pekukuhan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 241–249. https://doi.org/10.32665/abata.v2i2.883
Ulfah, M., Nurhayati, E., & Abyati, H. (2019). Pengembangan Media Box of Number Berbasis Tematik untuk Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. 5(2), 151–168. https://doi.org/http://dx.doi.org./10.14421/al-athfal.2019.52-03 Pengembangan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.