Meningkatkan Penjualan Pakan Ikan dan Obat Ikan pada Toko Indo Multi Fish P.S Melalui Marketing Digital

Abstract View: 264, PDF Download: 154

Authors

  • Nalsa Cintya Resti Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Dwi Shinta Rahayu Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Apriliyani Diah Kartikasari Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.32665/jarcoms.v1i1.564

Keywords:

meningkatkan, penjualan, digital marketing, Toko Indo Multi Fish P.S.

Abstract

Perkembangan teknologi digital sangat memungkinkan para pelaku usaha di Indonesia untuk memasarkan produknya secara online serta dapat melakukan transaksi melalui suatu sistem secara online pula. Hal ini tidak lepas dari sifat pemasaran yang  universal yang dapat diterapkan dimana-mana. Kegiatan pengabdian masyarakat “Meningkatkan Penjualan Pakan Ikan dan Obat Ikan pada Toko Indo Multi Fish P.S Melalui Marketing Digital” ini berupa pelatihan dengan metode Diskusi Kelompok Terarah atau Focus Group Discussion (FGD) dan demonstrasi penggunaan media sosial dalam memasarkan produk. Materi dalam pelatihan berupa pengenalan teknologi pemasaran, pengenalan media sosial sebagai saran promosi yang efektif dan efisien, dan pembuatan akun media sosial (Instagram, whatsapp, dan Facebook Page) untuk tujuan marketing digital toko. Dari kegiatan pelatihan ini, pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan dalam memanfaatkan teknologi pemasaran online meningkat, salah satunya ditunjukkan dengan dihasilkannya akun-akun media sosial untuk keperluan marketing digital toko Indo Multi Fish P.S. Berdasarkan kegiatan pengabdian ini dihasilkan bahwa pemilik dan staff Toko Indo Multi Fish P.S memahami keuntungan menggunakan media sosial sebagai alat marketing digital untuk meningkatkan penjualan produk secara lebih efektif dan efisien.

References

Afiff, F. (1994). Trend Pemasaran Internasional Menuju Pemasaran Global. PT. Eresco.

Barokah, S., Wulandari, O. A. D., Sari, M. T., & Yuditama, I. F. (2021). Optimalisasi Digital Marketing melalui Facebook Ads di Kelurahan Purwanegara. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–22. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.7085

Deny, S. (2020). Digital Marketing jadi Peluang Karir yang Menjanjikan di Masa pandemi. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4368453/digital-Marketing-jadi-peluang-karier-yang-menjanjikan-di-masa-pandemi

Djamaludin, D., Aviasti, A., & Rukmana, O. (2016). PENINGKATAN KEMAMPUAN USAHA KECIL MENENGAH DI WILAYAH BANDUNG RAYA DALAM PEMANFAAATAN INTERNET SEBAGAI SARANA PEMASARAN DAN PERLUASAN JANGKAUAN PASAR. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 125. https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1682

Febriani, M. (2014). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun Brand Image Pada Media Sosial Twitter@ PekanbaruCo. Universitas RIAU.

Gibson, C. (2018). The Most Effective Digital Marketing Strategies & Approaches : A Review of Literature. International Journal of Scientific and Research Publications, 8(2).

Hartono, H. (2007). Sukses Mengelola Bisnis Minimarket Modal Kecil Untung Besar. Indonesia Cerdas.

Jannatin, R., Wardhana2, M. W., Haryanto, R., Pebriyanto, A., & Banjarmasin, P. N. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130. https://doi.org/10.31961/IMPACT.V2I2.844

Khasanah, F. N., Herlawati, Samsiana, S., Handayanto, R. T., Gunarti, A. S. S., Raharja, I., Maimunah, & Benrahman. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce sebagai Media Pemasaran dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 51–62. http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JSTPM/article/view/255

Krisnawati, D. (2018). PERAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA STRATEGI PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI UMKM DI INDONESIA (Studi Kasus: UMKM Kuliner Tanpa Restaurant ‘Kepiting Nyinyir’). Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1), 69–74.

Kurniawan, P. (2017). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN MODERN PADA BATIK BURNEH. Competence : Journal of Management Studies, 11(2). https://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/3533

Oktarina, N., Widodo, J., Pendidikan Ekonomi, J., & Ekonomi, F. (2019). Penguatan umkm Melalui Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Jangkauan Pemasaran di Kecamatan Toroh purwodadi. Jurnal Abdimas, 23(2), 170–174. https://doi.org/10.15294/abdimas.v23i2.17952

Pradiani, T. (2017). PENGARUH SISTEM PEMASARAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN HASIL INDUSTRI RUMAHAN. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/JIBEKA.V11I2.45

Sujarwoko, D. H. (2014). Produksi Ikan Hias Tulungagung Kuasai Pasar Domestik. Retrieved from. www.antaranews.com: https://www.antaranews.com/berita/456257/produksi-ikan-hias-tulungagung-kuasai-pasar-domestikhttps://www.antaranews.com/berita/

Weber, L. (2009). Marketing to The Sosial Web : How Digital Customer Communities Build Your Business. John Wiley & Sons, Inc.

Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015). Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. International Journal of Management Science and Business Administration, 1(5), 69–80.

Downloads

Published

2022-09-21

How to Cite

Resti, N. C., Rahayu, D. S., & Kartikasari, A. D. (2022). Meningkatkan Penjualan Pakan Ikan dan Obat Ikan pada Toko Indo Multi Fish P.S Melalui Marketing Digital. Journal of Research Applications in Community Service, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v1i1.564
Abstract View: 264, PDF Download: 154