Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Alternatif Media Pembelajaran untuk Menciptakan Pembelajaran Aktif dan Inovatif
Abstract View: 52, PDF Download: 34DOI:
https://doi.org/10.32665/jarcoms.v3i1.2815Keywords:
program komputer, CANVA, media pembelajaran, pembelajaran aktif dan inovatifAbstract
Hasil analisis situasi Pondok Pesantren Darul Istiqomah menunjukkan minimnya inovasi dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan aplikasi komputer. Selama ini siswa hanya mampu menggunakan media PowerPoint sebagai media presentasi. Aplikasi komputer dapat membantu peserta didik dalam membuat media presentasi yang inovatif. Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan yaitu Canva. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan Program Aplikasi Komputer (Canva) sebagai alternatif media pembelajaran bagi guru. Mitra kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah Guru dan Peserta Didik di MTs S SA Al-Istiqomah, Kec. Kepoh Baru, Kabupaten Bojonegoro. Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ditunjang dengan metode ceramah, tanya jawab dan praktek langsung penggunaan aplikasi komputer Program Aplikasi Komputer (Canva). Pendampingan yang diberikan kepada mitra untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan slide presentasi. Selain itu, kegiatan ini dapat menumbuhkan nilai-nilai pendidikan pada diri Guru, yaitu rasa ingin tahu, kreatif, kerja keras, dan komunikatif. Kegiatan diawali dengan pelatihan, kemudian dilanjutkan pendampingan selama satu bulan, penerapan teknologi, serta evaluasi dan tindak lanjuut. Hasil evaluasi berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan Canva untuk pembuatan slide presentasi dalam kegiatan pembelajaran.
References
Adriani, A., Sasmayunita, S., & Salewangeng, A. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Media Pembelajaran Canva For Education Bagi Guru Bahasa SMA Se-kecamatan Ternate Utara. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3173–3177. https://doi.org/10.31949/JB.V4I4.6632
Atsani, K. H. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.
Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.
Dharomesz, V. Y., Adyantari, A., Sasmita, R. P. H., & Noventa, O. C. (2023). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN KONTEN PROMOSI DI MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka, 2(06 November), 469–475.
Iramaynti, I., Nurjannah, N., Nurjannah, N., Heriyanti, A., Mirna, M., & Sari, F. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Education di MTs Nurul Izzah. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 4(1), 73–82. https://doi.org/10.36908/AKM.V4I1.734
Mustaji, M. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pola Belajar Kolaborasi (Model PBMPK). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 17(2), 187–200.
Rahman, N. E., & others. (2018). Pengaruh Potret Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Aset Lokal pada Kelompok Budidaya Ikan Koi di Desa Banyuglugur Kecamatan Banyuglugur Situbondo. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 17(3), 207–216.
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, D. M. (2021). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBUATAN BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343. https://doi.org/10.22460/AS.V4I2P
Sahri, B., Ni’mah, R., & Zayn, A. R. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Canva Bagi Guru-Guru MTs di Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 999–1007. https://doi.org/10.33379/ICOM.V3I3.2902
Siwi Satiti, W., Umardiyah, F., Hidayatulloh, F., Fikri Munfarida, N., Fatmawati, M., Hanafi, A., Matematika, P., & A Wahab Hasbullah, U. K. (2022). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva untuk Remaja di Desa Kalikejambon. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 105–109. https://doi.org/10.32764/ABDIMASIF.V3I3.3260
Widjajanti, K. (2011). Model pemberdayaan masyarakat.
Wijayanti, L., Sukwadi, R., Prasetya, W., Azels, W. A., & others. (2022). Pelatihan membuat desain iklan digital menggunakan aplikasi Canva bagi UMKM binaan ASPPUK. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Research Applications in Community Service
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan