Pendampingan Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa SMPN 3 Slahung Ponorogo Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah dan Pembacaan Sholawat Nariyah
Abstract View: 55, PDF Download: 63DOI:
https://doi.org/10.32665/jarcoms.v2i4.2391Keywords:
Kecerdasan Spiritual, Sholat Dhuha, Sholawat Nariyah, SMPN 3 Slahung, Spiritual Quotient, Dhuha Prayer, Nariyah PrayerAbstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah sebagai pendampingan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa SMPN 3 Slahung, Ponorogo. Upaya peningkatan kecerdasan spiritual ini dilakukan dengan membiasakan siswa untuk tertib melaksanakan Sholat Dhuha berjamaah yang sebelumnya diawali dengan pembacaan Sholawat Nariyah. Kegiatan pengabdian masyarakat di SMPN 3 Slahung ini menggunakan pendekatan Asset Based Community-driven Development (ABCD). Berdasarkan pendekatan ABCD ini, tim pengabdian masyarakat mengetahui bahwa terdapat potensi yang dapat dikembangkan di SMPN 3 Slahung pada bidang keagamaan. Para siswa SMPN 3 Slahung telah memiliki kebiasaan yang baik mengenai Sholat Dhuha, namun potensi tersebut harus terus dilakukan monitoring dan inovasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada bulan Juli hingga Agustus 2023. Inovasi yang diberikan oleh tim pengabdian masyarakat yaitu dengan pembacaan Sholawat Nariyah sebelum pelaksanaan Sholat Dhuha berjamaah. Selain bertujuan meningkatkan kecerdasan spiritual juga dapat membentuk sikap dan perilaku siswa yang terbiasa gaduh dan bercanda sembari menunggu imam sholat datang. Hasil evaluasi dari pelaksanaan kegiatan ini adalah bahwa kegiatan yang dilaksanakan dapat memberikan perubahan pada beberapa siswa, meskipun belum sempurna. Rutinitas kegiatan keagamaan ini harus terus mendapatkan pemantauan dari pihak sekolah, khususnya pengawasan dari para guru, agar dapat mengupayakan peningkatan kecerdasan spiritual siswa SMPN 3 Slahung.References
Agnia, A. S., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh Kemajuan Teknologi terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9331-9335.
Akhirin. (2013). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual melalui Rukun Iman dan Rukun Islam. Jurnal Tarbawi, 1-31.
Ariadillah, R. (2021). “Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa melalui Program Keberagamaan di MI Jam’iyyatul Khair Ciputat Timur. Jurnal Tarbawi, 47.
Cahyono, H. (2016). Upaya Sekolah dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa (Studi Program Pembiasaan di SMP Negeri 3 Slahung Ponorogo). Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Mubarok, A. (2001). Psikologi Qurani. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Mustofa, B. (2011). Tuntunan Praktis Shalat Dhuha. Solo: Ziyad Visi Media.
Nisa, K. (2009). Upaya Peningkatan Kecerdasa Spiritual Siswa. Lentera Pendidikan, 73.
Qoni'ah, S. (2019). Pengembangan Kecerdasan Spiritual pada Peserta Didik melalui Aktivitas Keagamaan. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 159-175.
Rinawati, A., Arifah, U. & Faizul A. (2022). Implementasi Model Asset Based Community Development (ABCD) dalam Pendampingan Pemenuhan Kompetensi Leadership Pengurus MWC NU Adimulyo. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 1-11.
Sadili, A. N. (2010). Panduan Praktis dan Lengkap Shalat Fardhu dan Sunnah. Jakarta: AMZAH.
Samsudin, A., Suhartini, A., & Ahmad, N. (2021). Implementasi Metode Uswah Hasanah pada Pembelajaran Jarak Jauh di MTs Al Azhar Tembongraja Salem Brebes. Ta'dibuna, 337-351.
Setyowati, E., Nurfaidah, E., Lailatul, & Latifah, R. B. (2023). Peningkatan Kemampuan Santri TPQ Abdul Qadir Ponorogo melalui Pengenalan Tajwid dengan Metode Sorogan. Al-Khidmah Jurnal Pengabdian Masyarakat, 97-106.
Suhaili, A. (2023). Penerapan dan Pembacaan Sholawat Nariyah 4444 di Dusun Mimbo Desa Sumberanyar Kecamatan Banyu Putih Kabupaten Situbondo. Khidmah: Jurmal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1-9.
Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal of Research Applications in Community Service
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan