PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MENGGUNAKAN PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK FISIKA UNTUK MEREMIDIASI MISKONSEPSI PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Abstract View: 40, PDF Download: 42Keywords:
Peningkatan hasil belajar, tes diagnostik, miskonsepsi, usaha dan energiAbstract
Kesulitan dalam mempelajari fisika dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui mengetahui konsepsi mahasiswa tentang usaha dan energi. dan mencari solusi untuk memperbaiki miskonsepsi mahasiswa dalam pembelajaran Fisika yang akan dilaksanakan. Populasi yang akan diteliti adalah mahasiswa prodi Teknik Mesin UNU Sunan Giri T.A. 2019/2020 yang berjumlah 35 mahasiswa. Sampel yang akan dipilih untuk penelitian menggunakan random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung dan dilanjutkan dengan metode tes. Tes diberikan pada awal sebelum (pre-test) dan setelah pembelajaran (post-test). Tes ini terdiri dari 15 soal obyektif yang disertai penjelasan alasan dari jawaban yang dipilih mahasiswa. Berdasarkan hasil tes diperoleh presentase miskonsepsinya cukup besar pada sub pokok bahasan pengertian dari usaha sebesar 87.5%, sub pokok bahasan usaha pada gaya jatuh bebas dan vertikal sebesar 91,4%, serta pada sub pokok bahasan hubungan gaya dengan usaha yang dilakukan benda sebesar 77,1%. Langkah yang seharusnya dilakukan setelah mendapatkan hasil bahwa mahasiswa masih mempunyai tingkat miskonsepsi yang tinggi ini adalah melakukan remidiasi. Perencanaan remediasi oleh peneliti adalah menerapkan pembelajaran inkuiri yang menekankan pada langkah remediasi dengan konflik kognitif dan interaksi pasangan
References
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian
(Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta. Berg, Euwe van den. 1991. Miskonsepsi Fisika dan Remediasi. Salatiga:
Universitas Kristen Satya Wacana
Halomoan, M. 2010. Persepsi Guru Fisika Terhadap Konsep Gaya Pada Benda Diam Dan Bergerak. (Online) (http://www.jurnalanalisismiskons epsi. com, di-akses 3 Mei 2010).
Isliyanti, A., & Kurniadi, R. 2011.
Pembuatan kumpulan pembahasan miskonsepsi pada beberapa topik materi mekanika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Pembelajaran dan Sains, 144-147.
Liliana. 2013. Rancangan Penelitian di bidang Pendidikan. [serial online]. http://pmat.uad.ac.id/penelitian- eksperimen-di-bidang- pendidikan.html/. [10 Oktober
.
Nurachmandani, Setya. 2009. Fisika 2 : Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Prabowo. 1998. Metodologi Penelitian.
Bahan Ajar Jurusan Pendidikan Fisika Institut Kedosenan dan Ilmu Pendidikan Surabaya
Sudjana. 2005. Metode Statistika.
Bandung: PT.Tarsito.
Suhendi, H. Y., Kaniawati, I., & Maknun, J.
Peningkatan pemahaman konsep dan profil miskonsepsi siswa berdasarkan hasil diagnosis
menggunakan pembelajaran ECIRR berbantuan simulasi virtual dengan instrumen three-tier test. Mathematics And Sciences Forum
Suparno, Paul. 2008. Metode Eksperimen Bebas Untuk Meningkatkan Pengertian dan Menghilangkan Miskonsepsi Mahamahasiswa Tentang Termofisika. Widya Dharma, Vol. 19, No. 1, Oktober
Suryanti, dkk. 2008. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: unipress UNESA