Analisis Peran Akademik Dalam Pembentukan Karakter Kebangsaan Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Masa Pademi covid-19
Abstract View: 81, PDF Download: 107DOI:
https://doi.org/10.32665/jec.v3i2.1579Keywords:
Akademik, Karakter, KebangsaanAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Peran Akademik Dalam Pembentukan Karakter Kebaanggsaan Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada masa Pademi covid-19 melalui nilai-nilai yang diterapkan pada lingkungan Universitas. Metodologi penelitian yang digunakan didasarkan pada pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan kajian pustaka. Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman dalam mengumpulkan data, mereduksi data, dan menyajikan data. Kemudian dilakukan triangulasi untuk membuktikan keabsahan data.
Penelitian dilakukan pada mahasiswa program studi Pendidikan Matematika. Informan penelitian berjumlah 34 orang mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, rendahnya nilai-nilai karakter kebangsaan mahasiswa. Kedua, mahasiswa kurang berminat terhadap nilai nilai kebangsaan dan kurang aktif dalam menjalankan karakter kebangsaan pada lingkungan masyarakat. Rendahdahnya nilai karakter kebangsaan disebabkan oleh beberapa factor diantaranya kurangnya agen sosialisasi pembentukan karakter dalam kehidupan masyarakat yang menarik perhatian mahasiswa. Oleh karena itu, peran akademik pada lingkungan universitas dilakukan dengan meningkatkan aktivitas mahasiswa yang terkait dengan nilai-nilai karakter kebangsaan melalui karakterisasi pada lingkungan universitas. Selain itu, peran akademik dalam pembentukan karakter mahasiswa dilakukan dengan mendisain bahan ajar juga dilakukan dengan menggunakan berbagai ilustrasi pada beberapa matakuliah pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Peran Akademik Dalam Pembentukan Karakter Kebanggsaan Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada masa Pademi covid-19 dapat meningkatkan karakter mahasiswa.
References
Haris Mudjiman. 2011. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kansil, C., Kansil C.S.T. (2011). Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara. Jakarta: Rineka Cipta
Maksudin, 2013. Pendidikan Karakter Non-Dikotomik .Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Pedoman Akademik : Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro. 2016-2020. (Revisi 14 januari 2020).
Samani, Muchlas & Hariyanto, 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Intan ,Tania & Handayani, Vincentia Tri. 2017. Penerapan Pendidikan Karakter Kebangsaan Melalui Pembelajaran Berbasis Interkultural Di Madrasah Aliyah Negeri Model Babakan Ciwaringin Majalengka Cirebon .Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat . Vol. 1, No. 5, Oktober 2017: 299 - 306
Zubaedi, 2012. "Desain Pendidikan Karakter". Cet.2 Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Online: https://www.bengkulunews.co.id/problematika-pendidikan-pada-masa-pandemi-covid-19/( diakses 19 Juni 2020)