EVALUASI PELAYANAN KOMUNIKASI, INFORMASI, DAN EDUKASI (KIE) TENAGA KEFARAMASIAAN YANG ADA DI KABUPATEN BOJONEGORO
Abstract View: 2760, PDF Download: 2294Keywords:
Evaluasi Pelayanan KIE, Komunikasi informasi edukasi, pelayanan apotekAbstract
Telah dilakukan penelitian tentang Evaluasi pelaanan, komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) enaga kerja kefarmasian yang ada di apotek tunggal kabupaten Bojonegoro. Penelitian dilakukan dngan metode deskriptif dengan model penelitian observasi. Data dikumpulkan dari 55 responden memalui checklist pada bulan maret sampai mei 2019. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitunon random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahewa dari 5 responden hanya sebagian yang melakukan pelayanan KIE sesuai standart jelas dalam berkomunikasi dengan presentase 981%, keramahan dalm berkomunikasi dengan pesntas sebesar 92,72% dan informasi aturan pemakaian obar dengan presentase sebesar 80,00%, sedangkan penilian presentase yang cukup rendah, informasi indikasi obat sebesar 74,54%, informasi cara pakai obat sebesar 72,72%, edukasi lama pemakaian obat dengan presentase 27,27% dan presentase yang rendah terdapat pada informasi cara penimpanan obat, dengan presentase sebesar 10,9% dan informasi efk samping obat presentas sbesar 7,27%.