AKTUALISASI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 5 BOJONEGORO
Abstract View: 231, PDF Download: 168DOI:
https://doi.org/10.32665/alaufa.v5i2.2132Keywords:
Moderasi Beragama, Pembelajaran, Pendidikan Agama IslamAbstract
Moderasi beragama merupakan salah satu upaya mencari jalan menuju kebaikan, persaudaraan dan kemaslahatan terutama dapat diterapkan melalui proses pembelajaran. Penanaman nilai-nilai moderasi beragama, baik yang dimasukan dalam pembelajaran ataupun dalam kegiatan-kegiatan sekolah, diyakini dapat meringankan atau bahkan dapat mencegah perilaku-perilaku radikal (negatif), perilaku intoleran dan perilaku yang dapat merusak kerukunan umat beragama di Indonesia. Moderasi beragama menjadi sangat penting bagi peserta didik agar mampu menjadi manusia yang memiliki sikap wujud rasa cinta tanah air, bisa saling menghormati dan menghargai, tidak melakukan tindak kekerasan, dan bisa menerima tradisi dan budaya lokal. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah Pertama untuk mendeskripsikan aktualisasi moderasi beragama dalam kegiatan dan pembelajaran PAI di SMP Negeri 5 Bojonegoro, dan Kedua untuk mendeskripsikan hasil aktualisasi moderasi beragama dalam pembelajara pai di SMP Negeri 5 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berisikan penjelasan tentang data yang diperoleh pada penelitian, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa 1) aktualisasi moderasi beragama diterapkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan, ekstrakulikuler, penerapan P5, dan termuat dalam materi dan metode pembelajaran. 2) hasil aktualisasi moderasi beragama dalam pembelajaran pai siswa bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air, saling toleransi, tidak melakukan tindak kekerasan,bisa menghargai kebudayaan lokal, seimbang dalam kehidupan dunia dan akhirat, memiliki perilaku jujur dan adil, bisa menghargai pendapat, dan bisa menyelesaikan permasalahan dengan bermusyawarah bersama
References
Aisah, S. (2021). Telaah Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Dari Q.S Al-Hujurat 11-13 Dalam Kajian Tafsir.
Arfannur Journal of islamic Education vol 2 No 1, 44.
Azizah, V. R. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Kegiatan Mengaji Al-Qur'an di TPQ Nurul Khikmah. Altifani: Juenal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin Adab dan Dakwah Vol 1 No 2, 160.
dkk, A. (2019). Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Jakarta Pusat: Kelompok Kerja bekerjasama dengan Lembaga Daulat Bangsa.
Aisah, S. (2021). Telaah Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Dari Q.S Al-Hujurat 11-13 Dalam Kajian Tafsir.
Arfannur Journal of islamic Education vol 2 No 1, 44.
Azizah, V. R. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Kegiatan Mengaji Al-Qur'an di TPQ Nurul Khikmah. Altifani: Juenal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin Adab dan Dakwah Vol 1 No 2, 160.
dkk, A. (2019). Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam. Jakarta Pusat: Kelompok Kerja bekerjasama dengan Lembaga Daulat Bangsa.
Sapendi. (2015). Internalisasi Nilai-Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini. Jurnal At-Turats Vol 2 Np 2, 27.
Septian, K. d. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian 1 No.6, 1139.
Sodik, S. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta
Sujanah, I. (n.d.). Aktualisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Siswa di MTs NU Sabilul Muttaqin Jepang Mejobo Kudus. Skripsi Pendidikan Agama Islam.
Sumarto. (2021). Rumah Moderasi Beragama IAIN Curup dalam Program Wawasan Kebangsaan, Toleransi dan Anti Kekerasan. Jurnal Literasi onologi Literasi Tentang Ke-Indonesiaan Vol 5 No 2, 88.
Zuriah, N. (2011). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan . Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Amalia Anis Sakiratuka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.